TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Aslog Kasad Beri Bekal Kepada Taruna TK IV Akmil

By 29 Jun 2015 14:04Akademi Militer
aslog

Lembah Tidar (29/6). Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Darat (Aslog Kasad) Mayor Jenderal TNI Suratmo, M.Si. memberikan pembekalan kepada seluruh Taruna Tingkat IV/ Wreda Akademi Militer di Gedung Sumartal Akmil. Dalam ceramah pembekalan tersebut, Aslog Kasad membawakan tema tentang pokok-pokok kebijakan TNI AD bidang logistik. Turut hadir Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Sudirman, S.H. dan para Pejabat Distribusi Akmil serta para pengasuh Taruna Wreda Akmil. Ceramah pembekalan dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan bekal kepada Taruna yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Perwira tentang logistik secara umum dan kebijakan TNI AD di bidang Logistik.

Diawal ceramahnya Aslog Kasad Mayjen TNI Suratmo, M.Si. menyampaikan bahwa sebagai pendorong motivasi, motto yang paling popular di kalangan insan logistik adalah “Logistik Tidak Dapat Memenangkan Pertempuran Tetapi Tanpa Dukungan Logistik Pertempuran Tidak Dapat Dimenangkan” hal ini bermakna bahwa dukungan logistik harus dilaksanakan dengan baik agar pertempuran dapat dimenangkan.

“Secara umum pengertian logistik adalah mengalirnya barang, informasi, sumber daya/energi dan orang dari suatu sumber ke tempat yang membutuhkan guna memenuhi permintaan konsumen. Sedangkan pengertian berdasarkan kamus militer, logistik adalah suatu ilmu yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan untuk dukungan operasi dan pemeliharaan pasukan,” terang Mayjen TNI Suratmo, M.Si.

Selain itu, agar penyelenggaraan pembinaan logistik dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan tepat sasaran serta berdaya guna, maka penyelenggaraan logistik dilaksanakan dengan berazaskan terarah pada tugas pokok, kesederhanaan, ketepatan, kenyal, prioritas, akuntabel, transparan, obyektif, efektifitas dan manfaat. Sedangkan penyelenggaraan pembinaan fungsi logistik meliputi pembekalan, pemeliharaan, angkutan, konstruksi, kesehatan dan administrasi logistik.

Sebelum mengakhiri ceramahnya Aslog Kasad berpesan kepada seluruh Taruna untuk memahami dan mengecamkan bahwa semua bekal dan materiil yang dimiliki TNI AD berasal dari uang rakyat, untuk itu tumbuhkan rasa memiliki (Sense of Belonging) dan rasa tanggung jawab (Sense of Responsbility) terhadap seluruh barang inventaris. Pelihara, jaga dan rawat seluruh Alut/Alutsista satuan yang menjadi tanggung jawab para Taruna agar selalu berada dalam kondisi siap operasional.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Aslog Kasad Beri Bekal Kepada Taruna TK IV Akmil