TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bantu Kebutuhan Air Warga Kodim Buat Pompa Hidrolik Kartika

By 28 Jun 2015 00:15Kodam IV/Diponegoro
hidrolik

KODIM 0709/KEBUMEN – Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H meninjau pemasangan pompa air hidrolik “Kartika” di Desa Sidototo Kec. Padureso Kab. Kebumen. Baru baru ini.

Kecamatan Padureso yang terletak di sebelah utara Kabupaten Kebumen. Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Prembun, tepatnya pada tahun 2003. Secara umum bentang wilayah Kecamatan Padureso merupakan derah berbukit, dengan rata-rata ketinggian 8,44 meter di atas permukaan laut.

Batas Kecamatan Padureso adalah Kecamatan Poncowarno di sebelah barat dan Kabupaten Purworejo di sebelah timur. Adapun di sebelah utara dan selatan, Kecamatan Padureso masing-masing berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan Kecamatan Prembun.

Keadaan iklim wilayah Kecamatan Padureso dipengaruhi oleh tinggi rendahnya curah hujan. Sepanjang tahun 2010, rata-rata curah hujan di Kecamatan Padureso adalah 132 mm, dengan suhu rata-rata harian 28⁰C.

Kecamatan Padureso memiliki luas wilayah sebesar 28,95 Km². Dari luas tersebut, 92% diantaranya, yakni sebesar 26,68 Km², merupakan tanah kering. Sedangkan 8% diantaranya merupakan tanah sawah, atau sekitar 2,27 Km².

Dari 9 Desa yang dimiliki Kec. Padureso salah satu diantarannya adalah Desa Sidototo yang menjadi pusat kegiatan pemasangan pompa air hidrolik Kartika yang diprakarsai Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H. Dengan pemasangan pompa tersebut diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan air masyarakat dan pemanfaatannya bagi kesejahteraan.

“Pompa Kartika ini kita pasang untuk membantu kebutuhan masyarakat seperti buat pengairan pesawahan, kebutuhan air minum, perikanan dan juga untuk kebutuhan lain yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh warga”, jelas Dandim kepada Camat Padureso R. Agung Pambudi, SIP. Msi. dan Kades Sidototo Bpk. Sadiman saat mendampingi kegiatan tinjau lokasi pemasangan pompa Hidrolik Kartika, kemarin.

Wujud nyata kepedulian Kodim dalam mengatasi kesulitan masyarakat akan kebutuhan air terjawab melalui pemasangan Pompa Hidrolik Kartika tersebut digunakan sebagai penyuplai kebutuhan air kepada warga masyarakat pada saat memasuki musim kemarau, sehingga dengan telah dipasangnya pompa hidrolik tersebut diharapkan warga tidak akan lagi mengalami kekurangan air terutama air bersih.

Dikatakan pula oleh Dandim, bahwa pompa ini agar dijaga dan dirawat sehingga kondisi alat yang sudah terpasang dapat lebih optimal kegunaannya, saya minta agar seluruh masyarakat mau peduli dan senantiasa memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari, upayakan selalu pengecekan dan pengawasan kondisi pompa agar lebaih awet sehingga kepentingan kita sama-sama dapat terpenuhi, sekali lagi saya berharap tolong dipelihara dengan baik, tegasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bantu Kebutuhan Air Warga Kodim Buat Pompa Hidrolik Kartika