TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Cegah Pelanggaran Lalin, Yonif 751/R Gelar Apel Kendaraan

By 20 Jun 2015 11:04Kodam XVII/Cenderawasih
751 APEL RAN DINAS

Pendam ( 19/06). Wakil Komandan Batalyon Infanteri 751 Raider Mayor Inf Indar Irawan, SE, didampingi Perwira Staf Intelijen, Staf Logistik dan Provoost, melaksanakan pengecekan dan apel kendaraan dinas Yonif 751/R yang digunakan sebagai sarana transportasi darat dalam mendukung operasional tugas sehari-hari bagi prajurit dan PNS Yonif 751/R yang memegang Ran Dinas Militer dan juga kendaraan pribadi pada Jumat 19 Juni 2015 bertempat di Lapangan  parkir Yonif 751 Raider.

Pengecekan dan gelar apel kendaraan dinas ini dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk pengawasan dan perawatan rutin kendaraan satuan. Wadan Yonif 751/R, pada kesempatan tersebut menyampaikan gelar apel kendaraan dilaksanakan selain membantu pimpinan dalam rangka penegakan disiplin anggota juga bertujuan untuk mencegah dan mengeliminir sekecil mungkin terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anggota Yonif 751 Raider. Disamping itu pelaksanaan kegiatan ini juga bertujuan untuk menegakkan disiplin Prajurit Yonif 751 Raider dalam melaksanakan tugas terutama dalam berkendaraan, agar mematuhi peraturan yang ditetapkan serta melengkapi kendaraan serta administrasinya.  Kegiatan ini dilakukan bukan semata mata untuk mencari-cari kesalahan dan kekurangan anggota, akan tetapi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh satuan dalam penegakan disiplin dan keselamatan dalam berkendaraan.

Sementara itu kendaraan dinas yang diperiksa meliputi kendaraan taktis dan kendaraan operasional, yang merupakan inventaris satuan seperti Truk, Bus, Mini Bus, Kendaraan Taktis, hingga Kendaraan Roda dua, kondisi kendaraan dinas dan kelengkapannya mulai dari kelengkapan fisik kendaraan seperti : Spion, lampu, Plat nomor, lampu sign, Helm standart TNI AD sampai surat-surat kendaraan diteliti satu persatu.

Disamping untuk meningkatkan peningkatan serta penegakan disiplin dalam berkendaraan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan sejauh mana kendaraan-kendaraan tersebut dapat digunakan dalam operasional satuan, yang meliputi kondisi kendaraan serta kelengkapan surat-surat kendaraan administrasi personelnya. Pemeriksaan kendaraan dinas secara rutin di laksanakan untuk mengetahui kondisi dan kelengkapan kendaraan dinas yang dipegang oleh Prajurit dan PNS TNI-AD. Apabila ada yang tidak lengkap akan di data kemudian dilengkapi kekurangannya. Pemeriksaan ini membudayakan disiplin tertib berlalu lintas serta untuk  menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas bagi Prajurit dan PNS TNI AD khususnya Yonif 751/Raider. Autentikasi : TPR

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Cegah Pelanggaran Lalin, Yonif 751/R Gelar Apel Kendaraan