TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 041/Gamas Tutup Pelatihan Teknis Swasembada Pangan Bagi Babinsa

By 18 Jun 2015 13:43Kodam II/Sriwijaya
tuplatnisremgamasjuni15 (1)

Danrem 041/gamas Kolenel Inf Fajar Budiman, S.IP resmi menutup Pelatihan Teknis Swasembada Pangan bagi Babinsa jajaran Korem 041/Gamas di Bakorluh (Badan Koordinasi Penyuluh) Provinsi Bengkulu.Kegiatan pelatihan ini merupakan implementasi dari kesepakatan kerja sama antara Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD tentang kerja sama membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan nasional dalam bentuk program TMKP (TNI AD  Mendukung  Ketahanan Pangan) yang telah ditindak lanjuti dengan kesepakatan kerjasama antara Korem 041/Gamas dengan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Dalam amanatnya, Danrem mengatakan peran Babinsa yang dilatih sebagai kader pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan merupakan garda terdepan dalam membangun manusia khususnya petani. selain itu para Babinsa juga berperan sebagai media informasi dari tingkat pusat untuk disampaikan kepada petani di wilayah tugasnyanya masing masing.

Danrem menambahkan, bahwa pelatihan kader pertanian, khususnya Padi , jagung, dan kedelai di Provinsi Bengkulu memiliki peran strategis dalam pelaksanaan pembangunan dibidang pertanian. “Saya berharap agar babinsa peserta pelatihan swasembada pertanian ini memiliki pemikiran yang faktual, kreatif, cerdas, inovatif, mau bekerja keras dan tuntas dalam menghadapi kondisi petani saat ini,”

Selanjutnya  Danrem menyampaikan sangat berharap setelah ikut pelatihan ini, para babinsa agar menjadi penyuluh-penyuluh pertanian yang handal di wilayah tugasnya masing-masing, mempunyai persepsi dan tindakan yang sama serta bersinergis dalam meningkatkan produktivitas tanaman pangan.

Selain itu, semua materi pelatihan  yang telah diterima  dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas di daerah masing-masing. Diharapkan, keberadaan para babinsa mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan masyarakat Bengkulu, untuk meningkatkan ketersediaan pangan dan peningkatan produksi pangan khususnya padi, jagung dan kedelai. Serta memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan komoditi pangan yang berbasis teknologi modern, terutama dalam upaya memperbesar produksi pertanian. Sehingga program swasembada pangan nasional dalam kurun waktu tiga tahun ke depan benar-benar dapat diwujudkan.

Danrem mengucapkan terima kasih kepada para babinsa yang telah mengikuti pelatihan dengan antusias dan serius, dan juga kepada para penyuluh yang telah memberi materi dengan baik sehingga dapat diterima oleh seluruh babinsa. Diakhir amanatnya, Danrem 041/Gamas mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh pelatih, peserta dan tamu undangan yang hadir dan mengajak agar dibulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini di jadikan momentum untuk lebih meningkatkan derajat keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh 106 orang  babinsa di seluruh jajaran Korem 041/Gamas yang terbagi kedalam 2 (dua) gelombang mulai tanggal 5 – 17 Juni 2015. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekretariat Bakorluh Bengkulu Ir. Joko Hendro, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Kabid Produksi pertanian Fahrul Rozi,  Kasiter Korem 041/Gamas Letkol Caj M. Adam, beserta tamu undangan lainnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 041/Gamas Tutup Pelatihan Teknis Swasembada Pangan Bagi Babinsa