TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem Hadiri Penanaman Perdana Mengunakan Transplanter dan Seed Seeder

By 17 Jun 2015 10:40Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-06-17_08-07-34

Merauke, (16/06) bertempat di Kampung Yaba Maru penanman perdana Dalam rangka upaya peningkatan swasembada pangan yang diselenggarakan pemerintah Kab. Merauke. Dinas Tanaman Pangan dan Hultikultura dengan melaksanakan penanaman padi perdana dengan pencanangan Gerakan Penerapan Pengolahan Tanah Terpadu (GP-PTT) dengan menggunakan Transplanter dan Seed Seeder yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Merauke Romanus Mbaraka yang di dampingi oleh Danrem 174/ATW Brogjen TNI Supartodi, S.E., M.Si.

Dalam sambutan Bupati menyampaikan dalam upaya pemerintah untuk melakukan terhadap menekan biaya produksi dari petani terus menerus akan dilakukan. Seperti pembelian berbagai alat pertanian guna menekan biaya produksi petani mulai dari pengolahan, penanaman dan perawatqn hingga pemanenan dilakukan dengan alat yang moderen sehingga lebih efisien waktu dengan biaya yang relatif murah.

Bupati Merauke berharap alat-alat pertanian yang sudah diberikan kepada para petani untuk dipelajari dan digunakan dengan baik sehingga alat ini dapat terus dipakai dalam upaya mengurangi biaya produksi pertanian.

Selain itu bupati juga menyampaikan dari hasil Rapat dengan Presiden dan Para menteri Kabinet kerja. Bahwa Presiden mengeluarkan kebijakan untuk menambah luas area tanam di wilayah merauke dengan berkerja sama TNI AD di Merauke untuk menambah menjadi 100.000 Ha dari 43.000 Ha lahan yang sudah ada dengan lahan seluas itu diharapkan merauke akan dapat memproduksi beras sebanyak 400.000 Ton Beras.

Dengan pencapaian Empat Ratus Ribu Ton beras ini diharapkan Kabupaten Merauke dapat mensuplai kebutuhan beras untuk Indonesia wilayah timur. Harapan tersebut akan tercapai apabila para petani dalam memproduksi dàpat meningkat 1 Ton dalam satu hektar yg semula hanya 4 Ton bisa menjadi 5 Ton presiden mengambil kebijakan untuk tidak perlu membeli beras dari jawa untuk wilayah Papua.

Bupati Romanus juga menyampaikan tetnang masalah pengairan di Merauke tidak dapat dikompromi, untuk itu bupati merencanakan akan membangun Waduk/Bendungan agar dapat mengaliri persawahan akan tetapi sampai saat ini masih dilaksanakan penelitian terhadap 2 Sungai besar yang ada diwilayah Merauke apakah airnya layak dan cocok untuk dibuat bendungan. Dan untuk mengatasi kekurangan air sementara ini dilaksanakan perawatan terhadap saluran air yang telah mengalami pendangkalan.

Dalam upaya peningkatan pertanian Bupati meminta Danrem untuk para babinsa dan PPL pertanian untuk terus melakukan pendampingan kepada para petani dan gapoktan selain itu pemerintah Merauke juga selalu melakukan modernisasi alsintan dengan melakukan pembaharuan alat dengan menggunakan mekanisasi.

Dihadapan Danrem 174/Anim Ti Waninggap Dan para petani Bupati menyinggung juga tetang masalah penambahan lahan yang akan dibuka dan di kerjakan oleh TNI AD melalui Denzipur untuk membantu pembukan lahan yang rencana di buka dikawasan Tanah Miring, Semangga dan Wasur seta Wapeko sendiri. Yang nantinya dalam penanaman perdana pada musim tanam tahun 2016 nanti akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Sedangkan pada sambutan Danrem Beigjen Supartodi menyampaiakan kepada para petani dan gapoktan bahwa Merauke akan dijadikan Lumbung pagan Nasional dan bahkan Dunia untuk itu Danrem 174/ATW mengucapkan terima kasih kepada para petani dan kelompok tani yang sudah bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal. Selain itu Danrem berpesan kepada petani untuk tidak malas-malas karena orang malas itu tidak ada hasilnya untuk itu danrem mengajak para petani bersama-sama TNI dan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Dalam kegiatan panen perdana ini dihadiri oleh Unsur Muspida Kab. Merauke, Para Pimpinan SKPD Kab. Merauke, Aparat TNI/Polri serta Kepala Distrik Tanah Miring, Semangga dan para Kepala Kampung Sedistrik Tanah Miring, Tokoh agama,Tokoh Adat dan masyarakat kampung Yaba Maru Distrik Tanah Miring SP. 9.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem Hadiri Penanaman Perdana Mengunakan Transplanter dan Seed Seeder