TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gatot Siap Jadi Panglima TNI

By 16 Jun 2015 09:30Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-1

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo me­nyatakan siap sebagai calon tung­gal Panglima TNI menggantikan Jenderal Moeldoko yang akan pensiun pada 1 Agustus 2015.

“Sebagai anggota TNI, saya ha­rus siap menjalankan apa pun tugas baru yang diberikan oleh pimpinan,” kata Gatot saat dite­mui di sela-sela acara Lomba Peleton Tangkas TNI AD di Lapangan Latihan Tembak di Keca­matan Salaman, Kabupaten Ma­gelang, Jawa Tengah, Kamis (11/6).

Pimpinan yang dimaksudkan Gatot adalah Presiden Joko Widodo sebagai Panglima Tertinggi TNI. Pada Selasa lalu, Presiden telah mengirimkan surat kepada DPR yang isinya mengusulkan Gatot sebagai Panglima TNI. Gatot mengatakan, dirinya tidak melakukan persiapan apa pun untuk menghadapi uji kela­yakan dan kepatutan di DPR serta hanya berupaya menjalani proses tersebut sebaik-baiknya.

Oleh karena masih sebatas caIon Panglima TNI, Gatot menga­takan tidak ingin muluk-muluk merancang rencana atau prog­ram-program tertentu. “Semen­tara ini, saya belum punya prog­ram apa-apa Jika ingin bertanya tentang program bagi TNI secara keseluruhan, silakan tanya Pak Moeldoko (Panglima TNI Jen­deral Moeldoko). Saya mengurusi semua program untuk TNI AD saja,” ujarnya.

Gatot mengatakan, dirinya ti­dak menyangka ditunjuk sebagai calon Panglima TNI. Dia meng­aku dirinya memang cukup dekat dengan Presiden, tetapi hal ter­sebut sama sekali tidak berpe­ngaruh terhadap pencalonan di­rinya “Kalau soal kedekatan, Presiden dekat dengan semua ke­pala staf TNI di semua matra,” ujarnya.

Gatot mengaku mengetahui sejumlah pihak mempertanya­kan mengapa dirinya yang di­calonkan sebagai Panglima TNI. Ini karena sejak era reformasi, ada tradisi jabatan Panglima TNI digilir antar-angkatan di TNI. Se­belum Jenderal Moeldoko yang berasal dari Angkatan Darat, Panglima TNI dijabat oleh Laksa­mana Agus Suhartono yang ber­asal dari Angkatan Laut.

Namun, Gatot menegaskan, pertanyaan terkait pencalonan­nya sebagai Panglima TNI adalah hal yang biasa. Secara terpisah, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Kepala Staf Kepresi­denan Luhut Pandjaitan menya­takan, pengusulan Gatot Nur­mantyo sebagai Panglima TNI merupakan hak prerogatif pre­siden. Menurut Luhut, pencalon­an Gatot juga tak masalah karena organisasi TNI profesional dan taat komando.

Sebelumnya, secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Po­litik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno juga men­jamin tidak akan ada gesekan karena Presiden memilih Gatot sebagai calon Panglima TNI. “Sa­ya yakinkan, tidak akan ada po­lemik apa pun di internal TNI. Apa pun yang diputuskan oleh pimpinan, TNI tetap akan loyal,” katanya. (Sumber: Kompas)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gatot Siap Jadi Panglima TNI