TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jabatan Danyon Kavaleri 5 Serbu Diserahterimakan

By 24 Jun 2015 18:57Kodam II/Sriwijaya
IMG_20150624_171156

Mayor Kav Dodi Syamsurizal, S.H., resmi menjabat sebagai Komandan Batalyon Kavaleri 5/Serbu Kodam II/Swj, setelah menerima penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan dari Letnan Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra, pada Upacara acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang digelar Rabu (24/6/15) di Lapangan Upacara Markas Komando (Mako) Yonkav 5/Serbu – Karang Endah.

Letnan Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra selanjutnya akan menjabat sebagai Dandim 0402/OKI Korem 044/Gapo, sedangkan Mayor Kav Dodi Syamsurizal, S.H., sebelum menjadi Danyon Kavaleri 5/Serbu menjabat sebagai PS Kabagbinman sDirbinsen Pussenkav Kodiklat TNI AD.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Iskandar M Sahil, SE, ketika memimpin upacara serah terima jabatan tersebut mengatakan bahwa pergantian dan mutasi pejabat dalam jajaran TNI Angkatan Darat seperti yang sedang kita laksanakan hari ini, merupakan kebijakan pimpinan dalam rangka pembinaan organisasi dan pembinaan personel, yang disesuaikan dengan dinamika  kebutuhan   organisasi. Pergantian pejabat juga dimaksudkan untuk melengkapi dan memperluas pengalaman serta menambah wawasan bagi Perwira dalam rangka meningkatkan produktifitas, kinerja dan profesionalismenya dalam berkarier di lingkungan TNI Angkatan Darat.

Pangdam juga menyampaikan, bahwa Yonkav 5/Serbu Kodam II/Swj merupakan salah satu Satbanpur di wilayah Kodam II/Swj yang memiliki peran penting dalam mendukung Tugas Pokok (Tupok) Kodam II/Swj. Tugas pokok Yonkav 5/Serbu adalah menyelenggarakan pertempuran di darat dengan menggunakan kendaraan tempur berlapis baja sebagai alat utamanya untuk mendekati dan menghancurkan musuh dalam rangka mendukung Tupok Kodam.

Selanjutnya, dikatakan Pangdam bahwa untuk mampu melaksanakan tugas pokok tersebut secara berhasil dan berdaya guna, maka seluruh prajurit Kavaleri harus mampu mewujudkan   semboyan satuan Kavaleri yaitu Tri  Daya Cakti yang memiliki arti daya gerak, daya tembak dan daya kejut. Demikian juga kualitas profesionalisme prajurit harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, terlebih dihadapkan dengan upaya Pimpinan TNI AD untuk melengkapi satuan Kavaleri dengan Alutsista yang canggih dan modern. Alutsista modern tersebut tidak akan berfungsi secara maksimal, apabila tidak diawaki oleh prajurit-prajurit yang handal, profesional dan menguasai sistem persenjataan yang dipersyaratkan.

Ditegaskan juga bahwa, kepada para unsur pimpinan mulai Danru, Danton, Danki sampai dengan Danyon agar terus  meningkatkan kualitas pembinaan satuan melalui kepemimpinan lapangan yang baik. “Setiap pemimpin harus berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan perubahan dan perbaikan, lakukan tindakan proaktif, tanggap dan peka, serta peduli terhadap permasalahan anggota, dengan memahami kehidupan anggota satuannya,” tandas Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga merasa bangga dengan prestasi yang diraih prajurit Yonkav 5/Serbu sebagai juara ke-5 dalam lomba Ton Tangkas TNI AD TA. 2015 mewakili Kodam II/Swj. “Prestasi yang berhasil diraih Yonkav 5/Serbu tersebut hendaknya mampu memacu satuan ini dan juga seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj untuk melahirkan prestasi-prestasi lain yang membanggakan,” ujar Iskandar.

Turut hadir pada acara Sertijab tersebut, Para Pejabat Kodam II/Swj beserta jajarannya, para unsur TNI-Polri serta unsur FKPD Kota Prabumulih dan Muara Enim, Ketua beserta para Pengurus  Persit Daerah II/Swj, dan anggota Persit KCK Cabang XII Yonkav 5/Serbu serta para undangan lainnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jabatan Danyon Kavaleri 5 Serbu Diserahterimakan