TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jajaran Kodam IM Akan Bangun 56.794 Ribu Jamban di Aceh Tahun 2015

By 25 Jun 2015 20:23Kodam Iskandar Muda
IMG-20150616-WA0034

Banda Aceh, Dalam rangka kegiatan Karya Bhakti, TNI Angkatan Darat melalui Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda akan membangun dengan target 56.794 Ribu unit jamban keluarga yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Aceh pada tahun 2015, hal ini ini wujud kepedulian Kodam IM untuk membantu masyarakat yang belum memiliki Jamban Keluarga. Kamis (25/06/15).

Pembangunan jamban tersebut, merupakan kerja sama TNI AD dengan Kementerian Sosial. Pembangunan jamban dilakukan di seluruh Indonesia dengan dana mencapai Rp34 miliar. Sedangkan di Aceh, pembangunan ribuan jamban tersebut dengan anggaran Rp 2 miliar. Pembangunan Jamban di Aceh yang dilaksanakan oleh jajaran Kodam Iskandar Muda untuk saat ini kita dimulai,” Ujar Pangdam”.

Lanjut Pangdam IM mengatakan pembangunan jamban tersebut dilakukan di setiap rumah penduduk yang sudah terdata. Satu rumah satu kakus dan septic tank. Bukan jamban untuk kelompok masyarakat. Namun begitu, ada beberapa Komando Distrik Militer (Kodim) di Aceh sudah membangun jamban dengan biaya swadaya atau inisiatif sendiri. Dan Kodam Iskandar Muda mengapresiasi yang telah dikerjakan tersebut.

“Ada beberapa Komandan Kodim atau Dandim sudah menginisiasi pembangunan jamban. Yang dibangun mencapai 250 unit. Kami memberikan apresiasi kepada Dandim yang sudah melaksanakan program jambanisasi,” kata Pangdam.

Diharapkan dengan dibangunnya jamban tersebut bisa menekan kerugian material maupun jatuhnya korban jiwa akibat buruknya sanitasi. Dan diharapkan program pembangunan jamban ini bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, kegiatan ini dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan 1 juta jamban keluarga mengacu Peraturan Presiden No 185 Tahun 2014 tentang perceptan penyediaan Air Binum dan Sanitasi yang berguna untuk meningkatkan kesehatan lingkungan bagi masyarakat,” Tegas Pangdam Mayjen TNI Agus Kriswanto.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jajaran Kodam IM Akan Bangun 56.794 Ribu Jamban di Aceh Tahun 2015