TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam XVII/Cenderawasih : Wawasan Kebangsaan Perkuat Nasionalisme

By 29 Jun 2015 19:18Kodam XVII/Cenderawasih
wasbang

Wawasan kebangsaan ini bisa memperkuat nasionalime, terutama generasi muda. Karena itu, kami diberi mandat menyosialisasikan wawasan kebangsaan. Pernyataan tersebut dikemukakan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Tatang Sulaiman ketika menghadiri sekaligus sebagai nara sumber dalam acara Focus Group Discussion ( FGD) yang diselenggarakan oleh panitya perancang UU dari DPD RI pada Senen 29 Juni 2015 bertempat di Ruang Rapat Swiss Belhotel Jayapura. Selain Kasdam Panitya juga menghadirkan Wakil Ketua I MRP Bapak Hofni Simbiak dan Bapak Victor Manengkey, Sh,Mh. dari Universitas Cenderawasih. Kegiatan ini membahas RUU tentang Wawasan Nusantara yang terdiri dari Batang Tubuh yang isinya mulai Bab I sampai dengan Bab XVI Ketentuan Penutup dengan Moderator Dr Jonni Siahaan,M.kes. serta dihadiri oleh Akademisi, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Pemerintah Daerah dan TNI.

Pada kesempatan tersebut Kasdam mengatakan, pemahaman Wawasan Kebangsaan harus ditanamkan sejak dini. Tujuannya agar generasi muda bisa mencintai bangsa dan negara, sehingga upaya disintegrasi bangsa bisa dihalau. Selain itu, lanjut Kasdam, Wawasan Kebangsaan harus sejalan dengan kearifan lokal, sehingga pemahamannya tidak melahirkan pro kontra di tengah masyarakat. Kami berharap dari kegiatan ini akan memperkuat pemahaman mahasiswa dan pemuda terhadap wawasan kebangsaan serta memperkuat nasionalisme generasi muda,” Kata Kasdam. Disamping itu pendapat dan saran yang didapat dari pertemuan ini akan menjadi masukan untuk menyempurnakan rancangan undang-undang wawasan kebangsaan yang disusun DPD RI.

Kasdam lebih lanjut menyampaikan wawasan nusantara tidak sekedar cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis berdasarkan Ideologi nasionalnya yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), yang mengandung empat makna yaitu perwujudan satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial budaya dan Pertahanan Keamanan, tapi mewujudkan tujuan wawasan nusantara ke dalam dan ke luar. Wawasan nusantara tidak sekadar ajaran, tapi panduan yang menghargai dan menghormati kebhinekaan aspek kehidupan nasional guna mencapai tujuan nasional sekaligus memberikan pemahaman yang menyamakan persepsi membangun Indonesia yang maju.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam XVII/Cenderawasih : Wawasan Kebangsaan Perkuat Nasionalisme