TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KEGIATAN PEMBINAAN SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0831/ST

By 16 Jun 2015 15:01Kodam V/Brawijaya
2

Surabaya (16/06). Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Di samping Saka Wira Kartika, saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Layaknya pada Satuan Karya Pramuka lainnya, anggota Saka Wira Kartika disyaratkan seorang Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega baik putera dan puteri yang menjadi anggota gugusdepan di wilayah cabang atau ranting di mana Saka Wira Kartika itu berada.

Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena pada hari Minggu (15/6) dengan mengambil tempat di Pantai Ria Kenjeran atau yang lebih di Kenal dengan Kenjeran Park, Kodim 0831/Surabaya Timur melaksanakan kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti oleh Anggota Pramuka yang merupakan binaan Koramil di wilayah Surabaya Timur. Dalam pembinaan tersebut diisi berapa materi Kegiatan yang dilaksanakan dengan sistem Sirkuit Kombinasi yaitu dengan terdiri dari beberapa pos dan tiap-tiap regu menghadap di masing-masing pos dan mendapatkan materi pembekalan,  dimana pos tersebut antara lain :

  1. Pos I.Materi Navigasi Darat berupa pengenalan Kompas, baik penggunaan kompas siang maupun malam serta bagaimana cara menyambung peta.
  2. Pos II. Berupa materi pengenalan senjata dan bongkar pasang senjata yaitu Pistol P1 dan Senapan M16A1.
  3. Pos III.Mountenering, yaitu praktek tali temali.
  4. Pos IV.Wawasan kebangsaan dengan materi permainan.
  5. Pos V. Survival dengan materi mengesan jejak, serta bagaimana cara bertahan hidup di hutan dengan perbekalan yang terbatas.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0831/Surabaya Timur berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan suatu kegiatan positif yang dapat bermanfaat untuk para pemuda generasi penerus bangsa. Selain itu mengakhiri sambutannya, Perwira Menengah dengan Dua Melati di pundak tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu dan berpastisipasi sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KEGIATAN PEMBINAAN SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0831/ST