TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ketahanan Pangan Di Awali Dari Markas

By 24 Jun 2015 10:08Kodam II/Sriwijaya
DSC_Serda Rempi H memberikan pakan ikan (daun ubi)

Sejak didengungkannya ketahanan/kedaulatan pangan oleh Presiden RI kemudian disambut positif dan dilaksanakan Kepala Staf Angkatan Darat  selanjunya diperintahkan ke Satuan bawah jajaran TNI AD untuk direalisasikan oleh para prajurit dilapangan maupun dilingkungan tugasnya.

Menanggapi program Pemerintah tersebut  Prajurit Korem 045/Garuda Jaya langsung melaksanakan  perintah atau program tersebut dengan menggunakan lahan yang ada di Sekitar Makorem 045/Gaya.

Salah satu Prajurit Korem yang melaksanakan perintah tersebut adalah Sersan Dua (Serda) Rempi Hasugian, Bintara Kamera Film Penerangan Korem 045/Gaya.

Prajurit Penerangan ini memanfaatkan kolam bekas galian sewaktu pembangunan perumahan prajurit di Makorem dan memanfaatkan lahan tidur  atau lahan yang belum tergarap selama ini.

Lahan kolam dipergunakan oleh Sersan Rempi untuk memelihara ikan Nila, sedangakan lahan yang belum tergarap di pergunakan untuk menanam pisang, ubi, cabe dan tanaman lainnya yang bisa dipakai untuk  kebutuhan dapur sehari- hari.

Sersan Rempi Senin 22/06 di Lokasi kolam  mengatakan Ikan Nila yang dipeliharnya sudah mencapai umur dua bulan dan lahan yang dipergunakan eks galian pembangunan perumahan Korem 045/Gaya.

Bintara Penerangan ini sengaja memilih ikan Nila, karena ikan nila tersebut sangat mudah memeliharanya sebab dalam pemberian pakan tidak terlalu repot, pakannya ada disekitar lingkungan.

Pakannya meliputi sisa sayuran yang ada ataupun tanaman yang mudah dicari antara lain daun pepaya, daun talas maupun sisa makanan dapur seperti nasi, roti dan sisa dapur lainnya.

Kegiatan ini sebagai respon dari perintah pimpinan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, maka saya pergunakan lahan ini, hasilnya minimal untuk membantu kebutuhan dapur keluarga, syukur nantinya kalau berhasil dapat tambahan pemasukan untuk keluarga. Jelasnya.

Diluar jam dinas tempat inipun sering dijadikan Sersan Rempi  untuk santai bersama keluarga sambil memandang ikan peliharaanya. Tegasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ketahanan Pangan Di Awali Dari Markas