TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kh. Drs. Yakhsallah Mansur, M.A. : Puasa Itu Pengendalian Diri

By 24 Jun 2015 19:48Kodam VI/Mulawarman
IMG_8562

SAMARINDA (24/06). Bulan suci Ramadhan adalah momentum terbaik bagi kaum muslimin untuk meningkatkan ilmu dan kualitas ibadah. Selain itu, kaum muslimin agar meluruskan niat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan karena inti dari pelaksanaan ibadah puasa adalah merupakan pengendalian diri bagi setiap muslim.

 
Demikian inti dari tausiah atau ceramah singkat di Masjid Darussalam Korem 091/Aji Surya Natakesuma yang disampaikan oleh Imam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) KH Yakhsyallah Mansur,MA. Lebih jauh KH Yakhsyallah Mansur,MA. yang juga sebagai pembina Pondok Pesantren Al Fatah Se Indonesia ini mengatakan bahwasanya berpuasa bertujuan untuk mengatasi kelemahan yang paling mendasar dari manusia, yakni kecenderungan untuk bertindak berdasarkan dorongan nafsu semata. Kemampuan seseorang untuk secara terus menerus menahan diri dari makan, minum dan hubungan suami istri di siang hari, menunjukkan bahwa ia telah dapat mengendalikan keinginannya, walaupun tubuh terus-menerus menuntut dipenuhinya dorongan-dorongan biologis. Tetapi puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus. Ia juga merupakan usaha untuk menahan diri dari segala dorongan untuk melakukan tindakan yang merusak. Manusia yang mampu mengendalikan diri, adalah manusia yang mampu berpandangan jauh ke depan, yaitu sanggup menunda kenikmatan jasmani yang bersifat sesaat atau sementara, dalam rangka investasi atau menanam saham kenikmatan yang lebih agung dan sejati di masa depan.
 
Kegiatan Tausiah yang dijadwalkan setiap hari Rabu usai sholat dzuhur di Masjid Korem tersebut juga diikuti oleh Kasilog Korem 091/ASN Letkol Arm Andi Kaharuddin, Dandim 0901/Samarinda Letkol Inf Sriyono, para Dansat dan Kabalak, sejumlah Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Makorem 091/ASN. Selain itu jamaah laiunnya datang dari pegawai Bank Kaltim, personel Lapas, petugas Kantor Pos dan masyarakat sekitar yang memang setiap hari kerja selalu sholat dzuhur dan Asar di Masjid Korem 091/ASN.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kh. Drs. Yakhsallah Mansur, M.A. : Puasa Itu Pengendalian Diri