TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0106/Ateng Melaksanakan Penghijauan

By 18 Jun 2015 11:18Kodam Iskandar Muda
CameraZOOM-20150612093925739

Aceh Tengah, Perwira Penghubung Kabupaten Bener Meriah Mayor Inf Syamsirmas SE mewakili Komandan Kodim 0106/Aceh Tengah dan Bener Meriah Letkol Arm Ferry Ismail S.Sos sedang melaksanakan kegiatan penghijauan penanaman pohon yang bertempat di lahan perkebunan kosong kelompok tani bina tani Dusun Pante raya dalam Kampung Mekar Ayu Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah.

Penghijauan yang dicanangkan oleh Kodim 0106/Aceh Tengah dan Bener Meriah ini merupakan upaya pencegahan terhadap perubahan iklim dan Global Warming  yang cukup meresahkan masyarakat dunia. Tentunya kita mengetahui bahwa dampak yang ditimbulkan dari pemanasan Global cukup memprihatinkan dan semakin hari bumi justru semakin kritis dan lapisan ozon semakin menipis.Tuhan menitipkan bumi ini kepada kita, seharusnya kita semua menjaganya bukan merusaknya, atas dasar tersebut Kodim 0106/Aceh Tengah dan Bener Meriah mencanangkan penghijauan guna memberikan ruang hijau yang telah hilang selama ini.

Penghijauan (Go Green) berupa penanaman pohon yang di antaranya adalah pohon mahoni 3000, Sentang 2500, Jeruk keprok gayo 1500. Dengan penanaman pohon ini di harapkan bisa mencegah longsor. Di wilayah Kabupaten Bener Meriah ini sebagai sendi kehidupan kita. Di hadapkan dengan pemanasan global dunia hanya dapat dicegah atau diminimalisasi melalui aksi penghijauan dan penanaman pohon secara berkesinambungan. Seluruh komponen memiliki kewajiban melakukan penghijauan termasuk menjaga kebersihan. Sebab daya dukung lingkungan erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat.

Pentingnya gerakan penghijauan bagi lingkungan sekitar kita tentunya akan bisa berpengaruh baik terhadap manusia dan spesies yang ada di dekatnya. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan dan krisis air bersih. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan yang akan mengakibatkan menurunya angka kesehatan masyarakat itu sendiri.

Gerakan penghijauan adalah salah satu cara untuk menangani hal tersebut dan percaya bahwa langkah awal yang dilakukan saat ini akan mempunyai dampak besar terutama bagi kelangsungan hidup mahluk-mahluk lainnya di masa yang akan datang.

Dengan adanya penghijauan ini berfungsi  untuk menjaga kawasan pertanian, kehutanan dan kawasan terbuka hijau untuk tetap membentang. Tujuan mendasarnya adalah sabuk hijau untuk mencegah meledaknya urbanisasi dengan menjaga lahan terbuka secara permanen, karena atribut yang paling penting dari sabuk hijau yaitu keterbukaan mereka. Dari pengertian tersebut, kita bisa mengetahui tujuan dari gerakan penghijauan.

Agar kita lebih peduli dengan lingkungan dan memperhatikan kepentingan lainnya, tumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara pelestarian lingkungan maka penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu, karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita.Di harapkan dengan kegiatan penghijauan ini masyarakat agar melakukan penanaman pohon secara berkesinambungan dan harus yakin bahwa kegiatan ini membawa dampak positif. Peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan sangat penting sekaligus menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dengan dirawat dan dipelihara.

Kegiatan penghijauan ini selain di hadiri oleh Perwira Penghubung Kabupaten Bener Meriah yang mewakili Komandan Kodim 0106/Aceh Tengah dan Bener Meriah juga di hadiri oleh Stap ahli reboisasi kehutanan bapak Zulkipli, Kasat Polhut bapak Mat Juardi Wakasat Polhut bapak Zulkipli beserta anggota Polhut, Batibung Serka Khahar, Stap teritorial Kodim Serka Daulay dan Sertu Wahyu Yang mewakili Pasiter Kodim beserta anggota Stap teritorial, Babinsa Kampung Mekar Ayu Serka Isharianto, perwakilan dari masing-masing Koramil 3 orang, Kaur Pemerintahan Kampung Mekar Ayu bapak Hamdan dan Kaur umum Bapak Rizal yang mewakili Kepala kampung serta Ketua kelompok tani Bina Tani Bapak Adnan beserta anggota.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0106/Ateng Melaksanakan Penghijauan