TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0826 tanam jagung Pertiwi-3

By 30 Jun 2015 17:05Kodam V/Brawijaya
prdn

(Surabaya,29/06) Komitmen Kodim 0826 Pamekasan untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Pamekasan dilaksanakan dengan berbagai upaya. Setelah berhasil dalam meningkatkan produktivitas padi, saat ini Kodim 0826 Pamekasan bekerjasama dengan PT Agri Makmur Pertiwi, produsen bibit, melaksanakan uji coba penanaman biibit jagung Pertiwi-3.

Lahan uji coba yang ditanami dalam kerjasama antara Kodim 0826 dengan PT Agri Makmur Pertiwi seluas 5 (lima) hektar terbagi atas 2 (dua) tempat, yakni 1,5 (satu setengah) hektar berada di Desa Artodung Kecamatan Galis dan 3,5 (tiga setengah) hektar berada di Desa Pakong Kecamatan Pakong.

Penanaman perdana bibit jagung Pertiwi-3 dipusatkan di Desa Pakong Kecamatan Pakong dilaksanakan hari Senin (28.06.2015) oleh Dandim 0826 Letkol Arm Mawardi, S.A.P beserta perwakilan PT Agri Makmur Pertiwi dan Forpimka Pakong serta Kelompok Tani Mulyo.

Dalam sambutannya, Mawardi menjelaskan bahwa TNI AD (Kodim 0826) mendukung program pemerintah melaksanakan pendampingan petani. “Babinsa saat ini sering turun ke sawah, mengajak petani untuk mengubah kebiasaan petani dalam bertani. Kita (TNI) ingin merubah petani Pamekasan dari yang hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan makan, berubah menjadi petani produksi” papar Mawardi. “Pada akhirnya kita ingin masyarakat petani Pamekasan memiliki penghasilan lebih dan sejahtera” lanjutnya.

Jagung varietas Pertiwi-3 merupakan jenis bibit hibrida hasil persilangan dari jenis jagung yang memiliki sifat-sifat yang unggul. “Bibit jagung Pertiwi-3 dipersiapkan dalam menyambut atau mendukung program swasembada pangan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani” jelas Teguh Prakoso dari PT Arga Makmur Pertiwi.

Mengakhiri sambutannya Dandim 0826 mengajak petani untuk bersama-sama meningkatkan produksi jagung sebagi salah satu sasaran swasembada pangan. “Dengan pengolahan dan pemupukan yang benar maka hasilnya akan maksimal, tentunya pendapatan petani meningkat dan petani lebih sejahtera” ujar Mawardi.

Kegiatan tanam perdana bibit jagung Pertiwi-3 diakhiri dengan acara penanaman bibit jagung oleh Dandim 0826, diikuti Forpimka Pakong dan perwakilan dari PT Agri Makmur Pertiwi dan dilanjutkan oleh anggota Poktani Makmur.(Pen084/MA).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0826 tanam jagung Pertiwi-3