TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Kediri dan Instansi Terkait : Mewujudkan Kemandirian Pangan Sebagai Poros Utama dari Ketahanan Pangan di Kediri

By 25 Jun 2015 06:28Kodam V/Brawijaya
IMG_0363

Kediri – Komandan Kodim 0809/Kediri Letkol Inf Purnomosidi  bersama  Danramil 17/Purwoasri, Kapten Inf M. Yunus, Kadistan Kab. Kediri Widodo Imam Santoso, Kabulog Sub Drive Kediri Wahyu Sutanto serta Kepala Desa Wonokerto, mengadakan kunjungan kerja ke Desa Wonokerto Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, guna melihat langsung kondisi areal pertanian pada saat musim kemarau ini, serta melihat secara langsung kesiapan musim panen di Kecamatan Puwoasri Desa Wonokerto, Rabu (24/6/2015).

Dalam tinjauannya, Dandim serta rombongan mendengar langsung pemaparan dan tanya jawab dengan BPP Kec. Purwoasri, Mantri Pertanian Kec. Purwoasri dan PPL Pertanian Desa Wonojerto, beliau memberikan penjelasan tentang kebutuhan pangan saat ini (Tahun 2015).

Pertama, data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) oleh BPS untuk kebutuhan rumah tangga sebesar 87,63 kg per tahun atau 240 gram per hari.  Kedua, data neraca beras Kementerian Pertanian sebesar 124 kg per tahun atau 340 gram per hari. Ketiga, data BPS sebesar 139 kg per tahun atau 380 gram per hari. Dan Keempat data BPS dan Kementerian Perdagangan untuk konsumsi rumah tangga ditambah rumah makan sebesar 114 kg per tahun atau 312 gram per hari.

Dari penyampaian empat data konsumsi tersebut, dapat disimpulkan bahwa data keempat menjadi data yang mendekati realitas. Apabila diasumsikan pada jumlah penduduk di Kabupaten Kediri berdasarkan data BPS Kabupaten Kediri Tahun 2014, jumlah penduduk Kabupaten Kediri sebesar 1,5 juta jiwa (tepatnya 1.492.585 jiwa), maka dibutuhkan beras sekitar 170.000 ton per tahun (tepatnya 170.154.690 kg per tahun) guna mencukupinya.

Di tempat yang sama Dandim secara langsung menyampaikan kepada Kadistan Kab. Kediri untuk cermat dalam mengetahui pemenuhan kebutuhan pupuk petani di wilayah Kabupaten Kediri.

Selain itu Dandim meminta semua pihak yang bernaung dalam Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, untuk saling sinergi dengan Koramil, Danramil atau Babinsa setempat, agar permasalahan di musim kemarau tentang kebutuhan air untuk pertanian tercukupi. Beberapa waktu lalu Kodim telah berupaya dengan pembangunan jaringan irigasi tersier di seluruh Kabupaten Kediri yang dilaksanakan seluruh jajaran Koramil di bawah Kodim 0809/Kediri.

“Kodim akan berpartisipasi dan peran aktif guna mewujudkan Kemandirian Pangan sebagai poros utama dari Ketahanan Pangan saat ini.  Selain itu Dandim mengharapkan Bulog Kediri agar “jemput bola” pada produksi Gabah Kering Giling dan Gabah Kering Panen langsung ke petani yang ada di Kabupaten Kediri.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Kediri dan Instansi Terkait : Mewujudkan Kemandirian Pangan Sebagai Poros Utama dari Ketahanan Pangan di Kediri