TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Krisis Pangan dan Energi, Tanggung Jawab seluruh Komponen bangsa

By 17 Jun 2015 16:51Dinas Penerangan
CAH_7427

Sesuai UU No. 34 tahun 2004 tentang tugas TNI, di mana TNI bukan hanya memiliki tugas operasi militer berupa perang, tetapi juga memiliki tugas operasi militer non perang seperti berperan dalam ketahanan pangan dan energi demikian disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo  pada acara bincang bincang bersama Pemprov DKI Jakarta, Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, Pemda Bekasi, Depok dan Tangerang di Lemhanas Jakarta,(17/06/2015).

Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Letaknya pada garis khatulistiwa menjadikan Indonesia memiliki iklim yang baik untuk bercocok tanam sepanjang tahun. Indonesia juga kaya akan sumur-sumur minyak, gas, dan simpanan batubara.

Indonesia merupakan sumber energi, sumber pangan, dan sumber air bersih yang akan menjadi incaran kepentingan nasional negara-negara asing di masa depan,

Proxy war merupakan perang masa kini dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau komponen lainnya untuk berperang melalui aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial dan aspek lainnya.

Menurut Kasad, ketahanan nasional saat ini dihadapkan pada perkembangan situasi, untuk itu seluruh komponen bangsa harus bersatu, bahu-membahu bersama pemerintah menjaga dan mengamankan negara ini.

Untuk mewujudkan kebersamaan diantara semua elemen yang ada dalam membangun bangsa, juga untuk mengetahui peran dan fungsi masing-masing. Kekompakan dan kebersamaan semua elemen bangsa saat ini sangat diperlukan agar pembangunan dapat terwujud dengan baik.

Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Lemhanas, Gubernur DKI Jakarta, Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, Walikota, Camat wilayah Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Krisis Pangan dan Energi, Tanggung Jawab seluruh Komponen bangsa