TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Demonstrasi Pertempuran TNI AD Siap Digelar di Martapura

By 12 Jun 2015 20:02Kodam II/Sriwijaya, Lat Ancab
IMG_20150612_152717

Digelarnya Latihan Demonstrasi Pertempuran TNI AD TA. 2015, sebagai media untuk mengukur dan menguji latihan satuan yang dilaksanakan serta mewujudkan kesiapsiagaan dalam rangka mencegah, menangkal, dan menghadapi setiap bentuk ancaman yang timbul di wilayah NKRI.

Ratusan personel TNI beserta Alutsista dan beberapa awak media dari berbagai media massa yang terlibat dalam latihan demonstrasi Pertempuran tahun 2015 yang digelar TNI AD telah tiba di Puslatpur Martapura Baturaja Sumsel.

Hari ini, Latihan Demonstrasi Pertempuran TNI AD, di mana Brigade Tim Pertempuran (BTP) diperkuat  2 Ki tank terdiri 1 Ki tank Scorpion dan 1 Ki tank MBT Leopard bergerak taktis menuju sasaran yang sudah dikuasai musuh melakukan pertempuran dan memberikan bantuan tembakan didarat.

Terlihat, 10 unit heli bell melaksanakan operasi mobud ( Mobile Udara), yaitu suatu operasi dimana pasukan tempur darat dan perlengkapannya dipindahkan secara taktis melalui udara dengan pesawat heli langsung pada sasaran atau beberapa jarak daerah daerah sasaran dibawah kendali Koordinator Operasi darat untuk dilibatkan dalam pertempuran didarat.

Dengan adanya serangan yang melibatkan kecabangan yang ada di TNI AD, musuh dapat dihancurkan. Setelah sasaran dapat direbut, dilanjutkan dengan Operasi Mobud dengan menggunakan sejumlah helikopter untuk melakukan pengejaran terhadap musuh yang tersisa.

Demikian sebagian skenario Latihan Demonstrasi Pertempuran yang ditampilkan oleh ratusan prajurit TNI AD dengan Alutsistanya di Puslatpur Kodiklat TNI AD Martapura – Baturaja Sumatera, Jum’at (12/6/15).

Selain itu, terlihat juga defile kendaraan dan flypass yang terdiri dari 25 unit pesawat udara dari penerbad, 2 heli bolkow 105, 14 heli bell, 2 heli M1-17, 4 unit M135, dan 1 unit Cassa 212 melintasi langit Martapura – Baturaja.

Latihan terbesar yang digelar TNI AD kali ini mengangkat tema “Brigade Tim Pertempuran (BTP) melaksanakan demonstrasi taktik pertempuran guna meningkatkan profesionalime prajurit dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI”. Ratusan Prajurit akan dilibatkan dalam kegiatan latihan dengan menggunakan Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) yang dimiliki TNI AD.

Kemahiran prajurit TNI AD dalam melakukan pertempuran di segala medan dan mengawaki serta menggunakan Alat utama sistem senjata (alutsista) ini rencananya akan disaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertepatan dengan puncak latihan pada Senin, 15 Juni 2015 mendatang di Martapura-Baturaja, Sumatera Selatan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Demonstrasi Pertempuran TNI AD Siap Digelar di Martapura