TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mabes TNI selenggarakan MHQ dan MTQTNI 2015

By 15 Jun 2015 13:57Puspen TNI
DSC_8325

Ispektorat Jenderal (Irjen)  TNI Letjen TNI  Syafril Mahyudin mewakili Panglima TNI membuka secara resmi Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat TNI TA 2015, dalam rangka memperebutkan Piala Bergilir Panglima TNI di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Senin (15/06/2015).

 Kegiatan MHQ dan MTQ mengambil tema “Melalui MHQ dan MTQ TNI Kita Budayakan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an”, dengan tujuan sebagai salah satu upaya dalam pembinaan kehidupan beragama di lingkungan prajurit TNI, khususnya yang beragama Islam, sekaligus mempersiapkan peserta untuk mengikuti MHQ dan MTQ tingkat Internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Arab Saudi dan Iran. Kegiatan ini juga dimaksudkan guna memperluas pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi Kitab Suci Al-Qur’an dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta menumbuh suburkan minat membaca, menterjemahkan dan menghafal Al-Qur’an.

 Peserta MHQ dan MTQ sebanyak  48 orang terdiri dari 6 Kafilah/Tim yang mewakili Angkatan, Mabes TNI, Kemhan dan Polri  yang terdiri dari  :  Kafilah TNI AD : 8 orang, Kafilah TNI AL : 8 orang, Kafilah TNI AU : 8 orang, Kafilah Mabes TNI : 8 orang,  Kafilah Kemhan : 8 orang, dan Kafilah Polri : 8 orang.

 Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Irjen TNI antara lain mengatakan musabaqoh ini menjadi bagian dari upaya membantu pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa di lingkungan TNI dan Polri, yang diharapkan menjadi contoh bagi komponen bangsa lainnya. Upaya ini kita laksanakan berangkat dari pemahaman kecerdasan menurut Al-Qur‘an, bahwa kecerdasan bukanlah sekedar kecerdasan koqnitif, melainkan kecerdasan multi dimensional berbasis kesadaran eksistensial ke dalam dan keluar.

 Kesadaran eksistensial ke dalam manusia cerdas mengenalisi apa dirinya sebagai perwujudan khusus dari ciptaan Allah SWT, yang harus mengenali kekhasan potensi dirinya, sebagai dasar pembentuk karakter personal bangsa Indonesia. Kesadaran eksistensial keluar, manusia cerdas mampu mengenali dan mengembangkan kitab suci Al-Qur’an, sebagai sistem nilai, pengetahuan, dan perilaku bersama, melalui olah pikir, olah rasa, olahkarsa dan olahraga.

 Panglima TNI dalam kesempatan ini juga memberikan “Tali asih” kepada 200 yatim piatu dari yayasan Fisabillilah, yayasan Al Qur’an dan yayasan Hanifiyyah di sekitar wilayah Mabes TNI. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Panglima TNI dan pejabat dari Angkatan serta Polri.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mabes TNI selenggarakan MHQ dan MTQTNI 2015