TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANEN BERSAMA DENGAN GAPOKTAN BINA KARYA MAKMUR

By 17 Jun 2015 22:26Kodam IV/Diponegoro
IMG-20150617-WA0039

Magelang. – Danramil 22 Tempuran Kapten Inf Reimond Donald N bersama Dinas Pertanian Kabupaten Magelang, BPPKP Kabupaten Magelang dan Gapoktan Bina Karya Makmur yang berada di Dusun Banjaran Desa Tempurejo melaksaksanakan pengubinan dan dilanjutkan dengan pelaksanaan panen bersama, Selasa (16/6).

Pelaksanaan pengubinan tersebut merupakan salah satu cara untuk mengetahui hasil panen padi yang dilaksanakan oleh Gapoktan dengan disaksikan oleh petugas dinas pertanian dan penyuluh lapangan. Dari pengubinan tersebut diperoleh hasil panen yaitu 8,4 ton/ha.

Ir. Pratomo, petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Magelang mengatakan bahwa hasil panen ini sudah cukup baik. Namun untuk musim tanam berikutnya perlu ditingkatkan, minimal diharapkan sama dengan panen kali ini. Adapun upaya untuk meningkatkan hasil panen itu adalah dengan cara keseriusan dan kesemangatan petani dalam mengolah dan memelihara tanaman. Faktor pemeliharaan itu juga sangat penting, karena apabila tanaman padi diserang hama atau orgasme pengganggu tanaman maka hasil panen otomatis akan berkurang.

Senada dengan Ir Pratomo, Koordinator Penyuluh Kecamatan Tempuran H Gunawan menjelaskan bahwa keseriusan dan niat tulus petani merupakan faktor yang sangat menentukan, terutama dalam peningkatan hasil panen. Apabila petani bermalas – malasan dan mengolah lahan, sudah barng tentu akan mengurani hasil produksi.
Penyuluh dan Babinsa dikerahkan untuk mendampingi petani dengan tujuan agar para petani lebih bersemangat dan mau menggarap sawahnya sesuai dengan anjuran petugas.

“Kita bantu dengan pendampingan dari penyuluh dan babinsa untuk setiap saat bersama petani dalam mengolah lahan pertaniannya” ujar H Gunawan.

Kapten Inf Reimond, yang hadir mewakili Dandim 0705/Magelang mengajak kepada para petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam. Kodim sangat mendukung kegiatan upaya peningkatan produksi panen padi dalam mencapai swasembada pangan nasional. Dijelaskan bahwa pendampingan yang selama ini dilakukan oleh babinsa merupakam wujud kerja sama dan kepdulian pemerintah terhadap para petani.

“Kami akan lakukan pendampingan terhadap kegiatan ketahanan pangan ini, dari persiapan pengolahan lahan, pemeliharaan hingga panen, bahkan kami juga ikut bantu pengawasan distribusi pupuk” ujar Reimond.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANEN BERSAMA DENGAN GAPOKTAN BINA KARYA MAKMUR