TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panen Padi di Kecamatan Pakis

By 19 Jun 2015 10:18Kodam IV/Diponegoro
1906201502

Magelang, DanramilKoramil 08/Pakis, Kapten Inf Subagyo bersama Muspika Kecamatan Pakis membantu petani Dusun Gejagan Desa GejaganKecamatan Pakis melaksanakan panen padi. Tanaman padi  seluas ± 0.75Ha milik Said, 56 tahun  itu merupakan bagian  dari lahan yang menjadi lokasi upaya khusus peningkatan produksi padi di wilayah tersebut.

Dari hasil panen yang sebelumnya dilakukan pengubinan terlebih dulu dip[eroleh hasil yang cukup baik yaitu dengan provitas 6.4 ton/ha.  Kegiatan ini bertujuan untuk memantau seberapa besar produksivitas  panen yang dihasilkan dalam setiap hektar lahan, untuk selanjutnya dari hasil pencapaian panen musim ini sebagai bahan evaluasi untuk periode tanam yang akan datang.

Areal peersawahan yang ada di wilayah Kecamatan Pakis seluruhnya merupakan sawah tadah hujan sehingga hanya bisa ditanam padi 1 kali dalam setahun. Babinsa dan PPL sudah berkoordinasi dengan para petani untuk ssebisa mungkin memanfaatkan situasi agar petani bisa melaksankan musim tanam 2 kali setahun.

“Kami sudah berupaya dengan koordinasi dengan para petani untuk pintar-pintar mensiatai musim, agar waktu penanaman tidak terlambat. Kami juga berharap agar bisa melakssanakan 2 kali musim tanam” ujar Pelda Lestari Batituud Pakis.

Selama ini petani bercocok tanam sekali setahun, dikarenakan sawah di Pakis merupakan sawah tadah hujan. Setelah panen padi para petani kebanyakan menanam kembali dengan sayur – mayur.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panen Padi di Kecamatan Pakis