TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Beri Bantuan Kepada Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung

By 30 Jun 2015 16:54Kodam I/Bukit Barisan
dam1

Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi memberikan bantuan kepada pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (27/6).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB mengatakan sangat prihatin dengan kondisi kehidupan para pengungsi terutama para orang tua dan anak kecil yang berada di Posko pengungsian. Karena Erupsi Gunung Sinabung sudah hampir 5 Tahun tiada henti-hentinya. Pengungsipun sering berpindah dari satu tempat ketempat lainnya, Kadang sudah diinstruksikan pulang kampung karena pihak Vulkanologi menyatakan sudah aman , namun beberapa hari pulang, erupsi kembali terjadi dan wargapun kembali di evakuasi dan mengungsi. Jadi Pangdam I/BB mengharapkan agar warga sabar dalam menghadapinya. Pemerintah akan berusaha akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu para pengungsi.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaiakan agar para pengungsi untuk terus berdo’a menurut keyakinan masing-masing , yaitu ke Gereja bagi yang Kristiani dan ke Masjid bagi yang beragama Islam agar Erupsi Gunung Sinabung segera selesai, karena tidak ada yang tahu kapan berakhirnya Erupsi ini, bahkan sampai sekarang ahlinya saja tidak dapat memperediksi kapan akan berhenti. Pangdam juga menghimbau agar warga yang bermukim diradius 3-5 KM agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman. Karena letusan Gunung Sinabung sewaktu-waktu bisa saja terjadi, bila dilihat dari tingginya frekuensi. Selanjutnya Pangdam I/BB menyampaikan bagi warga pengungsian yang sedang menjalankan ibadah puasa, agar tetap menjalankan ibadahnya dengan khusuk. Tidak ada alasan untuk meninggalkan ajaran agama meskipun tinggal di pengungsian.

Pada kegiatan itu, Pangdam meninjau tiga titik posko pengungsian yaitu, Balai Desa Batu Karang Kecamatan Payung, Posko Gudang Jeruk di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, dan Balai Desa Tongkoh, Kecamatan Dolahrakyat. Dalam kunjungan itu, Pangdam bersama tim Artha Graha Peduli memberikan bantuan kepada warga yang mengungsi berupa masker, mukenah, sajadah, pembalut bayi, obat tetes mata, papan catur, susu bubuk, tikar plastik, mainan anak-anak, dan air mineral. Kodam I/Bukit Barisan akan membangun jembatan di Kecamatan Tiganderket.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Karo Terkelin Brahmana, Danrem 023/KS Kolonel Inf Fachry, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Ketua Persit KCK PD I/BB beserta Pengurus Persit KCK PD I/BB dan BPBD Karo serta Pihak Vulkanologi.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Beri Bantuan Kepada Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung