TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Tinjau Lokasi Pengungsian Erupsi Gunung Sinabung

By 30 Jun 2015 16:56Kodam I/Bukit Barisan
snb

Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi dan rombongan didampingi Danrem 023/KS Kolonel Inf Fachri, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Dandim 0205/TK Letkol Inf Asep Sukarna, Danyon 125/Simbisa, BPBD Karo dan pihak Vulkanoligi, mengunjungi 3 posko dan memberi bantuan. Ketiga posko itu yaitu Posko Batukarang Kecamatan Payung, Surbakti Kecamatan Simpangempat dan Tongkoh Kecamatan Dolat Rayat, Tanah Karo. Sabtu (27/6).

Pangdam I/BB, Bupati Karo dan rombongan meninjau jembatan Desa Perbaji Kecamatan Tiganderket yang rubuh diterjang luapan banjir lahar dingin. Dalam peninjauan didampingi Kepala BPBD Karo Subur Tambun, Camat Tiganderket Hendri Tarigan dan bupati Karo berjanji akan membangunnya dengan rentang 18 meter x 3 atau 4 meter. Usai itu, Pangdam melanjutkan kunjungan ke posko Surbakti dan pisko Tongkoh yang dihuni warga Kutarayat diterima Sekdes Sastrawan Ginting yang juga selaku Koordinator posko didampingi camat Namanteran Kasman Sembiring SH dan Camat Dolatrakyat, Asmona Perangin-angin. Kunjungan Pangdam I/BB dan rombongan ke Tanah Karo, ditandai dengan erupsi dan abu vulkanik. Perjalanan Pangdam I/BB dari Kodim 0205/TK pukul 10.15 WIB erupsi Sinabung terjadi. Pangdam I/BB sempat menyaksikan erupsi Sinabung dari pos vulkanologi di Desa Ndokum Siroga. Demikian juga rombongan Pangdam I/BB sekembali dari posko Desa Surbakti, erupsi kedua Sinabung kembali terjadi sehingga begitu memasuki wilayah Berastagi sampai ke lost Desa Tongkoh, abu vulkanik pas turun bagai hujan lebat membuat jarak pandang berkisar 10 meter. Pangdam I/BB dan rombongan serta bupati dihujani abu vulkanik begitu keluar mobil memasuki lost desa. Pangdam dan rombongan akhirnya kembali ke Medan dari lost setelah hujan abu berkurang berkisar pukul 16.15 wib. Pangdam I/BB juga menghimbau agar warga yang bepergian dan ke luar rumah untuk menggunakan masker atau penutup mulut untuk menjaga kesehatan. “Hal ini harus diantisipasi oleh masyarakat dengan menggunakan masker pengaman penutup mulut dan hidung”.

Hadir pada kegiatan tersebut Danrem 023/KS Kolonel Inf Fachry, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Dandim 0205/TK, Bupati Karo Terkelin Berahmana, BPBD Karo dan Pihak Vulkanologi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Tinjau Lokasi Pengungsian Erupsi Gunung Sinabung