TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Persiapan  Raider, Prajurit Yonif 752/VYS Diberikan Pembekalan Teori  Navigasi Darat

By 16 Jun 2015 10:21Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-06-15_14-26-50

Demi meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan ilmu medan, Yonif 752/VYS melaksanakan pembekalan teori navigasi darat. Bertempat di aula Sudirman hadir sebagai pemberi materi Letda inf Khoiron dengan jabatan danton 2 kompi A. Pelaksanaan pembekalan materi ini diikuti oleh seluruh personil Yonif 752/VYS yang belum mengikuti latihan Raider. Senin, 15/06.

Dalam pemberian teori navigasi darat ini, seluruh prajurit diajarkan dasar-dasar navigasi darat terlebih dahulu. Beberapa materi yang diajarkan adalah sbb:

  1. Pengenalan peta: seluruh prajurit diajarkan tentang bagaimana mengenal peta mulai dari garis vertikal, horizontal dan angka koordinat.
  2. Tanda- tanda peta: prajurit juga dikenalkan dengan tanda tanda medan yang ada di peta seperti jembatan, kampung, ketinggian, jalan, sungai, pertigaan jalan dan sawah.
  3. Cara mengeplot: mengeplot peta adalah salah satu hal mendasar dan wajib dimengerti serta bisa dilakukan oleh prajurit. Karena dengan mengeplot kita bisa tau posisi kita dimana dan posisi sasaran dimana.
  4. Penggunaan kompas: Hal yang tidak boleh dilupakan juga yaitu cara penggunaan kompas yg harus bisa dilakukan oleh prajurit, baik itu menggunakan kompas siang ataupun malam.

Itu merupakan beberapa materi yang diajarkan dalam pemberian teori navigasi darat kali ini. Adapun tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kembali materi-materi tentang navigasi darat yang sudah diterima pada saat pendidikan pembentukan dasar serta dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti latihan Raider yang diselenggarakan di pusdikpassus pada bulan Juli nanti. (Pendam 17/Cenderawasih)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Persiapan  Raider, Prajurit Yonif 752/VYS Diberikan Pembekalan Teori  Navigasi Darat