TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit dan PNS Korem 074/Warastratama dan Satdisjan Menerima Sosialisasi P4GN

By 16 Jun 2015 14:01Kodam IV/Diponegoro
DSC_9222

Surakarta (16/6) Korem 074/Warastratama gelar Sosialisai Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi prajurit dan PNS Korem 074/Warastratama serta Satuan Dinas Jawatan Jajaran Korem 074/Warastratama, karena tingginya peredaran Narkoba di Wilayah Solo Raya.  Sosialisasi ini bekerjasama dengan RSUD Sukoharjo dan Denkesyah 04.04.04/Surakarta. Kasipers Korem 074/Warastratama Letkol Caj Drs. Achsin, M.Si  mewakili Komandan Korem 074/Warastratama membuka acara sosialisasi P4GN, dalam sambutannya Danrem 074/Wrt  yang dibacakan Kasipers menyampaikan selamat datang kepada Ketua Tim Penyuluh beserta Rombongan, Kasipers juga menyampaikan bahwa pemberantasan Narkoba tidak hanya difokuskan di wilayah perkotaan tetapi juga dilakukan di pelosok-pelosok, penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah dalam kondisi memprihatinkan. Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk memesarkan narkoba.

Danrem menegaskan pimpinan akan menindak tegas setiap anggota jika terbukti terlibat kasus penyalahgunaan narkoba. Tujuan dari sosialisasi ini, agar seluruh prajurit maupun PNS dapat bebas dari pengaruh bahaya narkoba, yang  pada  akhirnya  bisa  merusak  moral  dan kepribadian setiap prajurit itu sendiri.

Dalam sosialisasi tersebut, pemberi Materi dari RSUD Sukoharjo dr.dr. Dwi Murhayanto, Sp.Kj, M.Kes menyampaikan bahwa Narkoba dibagi menjadi 3 golongan yaitu golongan I Narkoba yang paling bahaya (Ganja, Heroin, Kokain, Morfin & Opium), golongan II narkoba yang memiliki daya adiktif kuat (pelidin, benzelidin, betametadol), golongan III narkoba yang memiliki daya adiktif ringan (kodein dan turunannya).

Narkoba memiliki 3 sifat, yaitu Habitual (Kangen kepada Narkoba), Adiktif (Ketergantungan) dan Toleran (Semakin enak dosis bertambah) dan bahan dosis Narkoba terbuat dari Candu, Heroin dan Kokein. Untuk itu dalam penanggulangnya melalui 3 pilar, antara lain Pencegahan, Rehabilitasi dan Pemberantasan, selain itu ditambahkan  bahwa dampak dari penggunaan narkoba adalah masalah kejiwaan, selanjutnya pemberi materi dari dr. Sasono Denkesyah 04.04.04/Surakarta menyampaikan sebagai anggota harus berhati-hati dan waspada dalam bergaul. Diharapkan TNI mengajak masyarakat untuk bersatu memerangi narkoba serta harus memiliki pola pikir, sikap dan terampil menolak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, untuk memerangi bahaya narkoba dibutuhkan sebuah komitmen bersama disemua pihak.

Kegiatan acara Sosialisasi P4GN tersebut digelar dengan metoda ceramah dan tanya jawab tentang bahaya narkoba, Seusai acara sosialisasi dilakukan pemeriksaan (test urine) secara acak kepada personel yg hadir dan ikut dalam kegiatan tersebut  dengan tujuan agar diketahui apakah ada personel yg mengonsumsi Narkotika, dari hasil pemeriksaan tes urine tersebut diperoleh hasil negatif artinya personel tersebut dinyatakan bebas dari narkoba. (Penrem 074/Wrt)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit dan PNS Korem 074/Warastratama dan Satdisjan Menerima Sosialisasi P4GN