TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad Tanam Padi Bersama Masyarakat Perbatasan

By 26 Jun 2015 07:51Kostrad
514

Kostrad(26/6). Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Pos Maubusa yang merupakan jajaran Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad, membantu kegiatan penanaman padi masyarakat Desa Tohe yang berada di perbatasan RI-RDTL. Dalam kegiatan ini, anggota Satgas Pamtas memberikan pengetahuan tentang tata cara menanam padi yang benar kepada masyarakat. Dengan memberikan pengetahuan tersebut, maka diharapkan hasil panen yang maksimal akan dapat diperoleh dan ketahanan pangan di perbatasan pun dapat tercapai.

Penanaman padi yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama dengan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad pada 17/06/2015, terlaksana atas keinginan masyarakat untuk melibatkan Satgas Pamtas yang diyakini mampu berperan untuk memberi arahan tentang tata cara bercocok tanam yang benar. Selain memberi arahan, anggota Satgas Pamtas juga turun ke sawah untuk menanam padi bersama masyarakat, sehingga dapat memberi contoh dan sekaligus mempercepat proses tanam. Dengan kata lain, pemberian pengetahuan cara bertanam padi menjadi sangat mudah dipahami oleh masyarakat karena prosesnya sangat aplikatif dengan melaksanakan praktek langsung di lapangan. Setelah kegiatan penanaman, Pos Maubusa akan terus melaksanakan pemantauan terhadap lahan tersebut sampai dengan masa panen. Hal ini dilakukan karena kualitas panen tidak hanya ditentukan oleh proses penanaman yang benar, melainkan tahap demi tahap setelah penanaman sampai dengan panen juga harus dilaksanakan secara benar.

Kegiatan yang melibatkan 85 orang masyarakat ini, juga dihadiri Camat Raihat, Mikael Kali Leon. “Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak anggota Pos Maubusa yang ikut serta membantu proses penanaman padi untuk penguatan swasembada pangan di daerah perbatasan”. Kepala Dusun Makerek Badaen, Benediktus Atok menambahkan, ”Kami sangat berterimakasih karena anggota Pos Maubusa berkenan memberikan ilmu tata cara menanam padi yang benar dan kami berharap akan menghasilkan panen padi yang baik”. Ucapan tersebut disampaikan kepada anggota Pos Maubusa atas kesediaannya untuk membantu mengarahkan masyarakat dalam proses penanaman padi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad Tanam Padi Bersama Masyarakat Perbatasan