TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Silaturrahmi  Danrem dengan Forpimda Kab. Jombang : “Jombang Stabil, Jawa Timur Stabil, dan Insya Allah Indonesia Stabil“

By 17 Jun 2015 07:25Kodam V/Brawijaya
DSC_3171

Jombang (16/06).  Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Irham Waroihan meski baru memasuki bulan ke-4 dalam mengemban amanahnya, namun dengan gaya lugasnya yang agamis, santun dan disegani meski masih terbilang baru menjabat, namun semangatnya untuk melaksanakan Serbuan Teritorial tidaklah terhambat, harus terus menerus dilaksanakan pada setiap kesempatan dengan masyarakat atau dengan komponen masyarakat lainnya, guna memantapkan komunikasi antara TNI AD dengan komponen masyarakat dalam menciptakan situasi kemanunggalan TNI dengan Rakyat agar semakin mantap, demi terwujudnya situasi ketahanan wilayah yang kondusif.

 Pada hari Selasa 16 Juni 2015 mulai pukul 08.00 wib, bertempat di ruang pertemuan Makodim 0814/Jombang, oleh Dandim Jombang Letkol Arm Muhammad Haidir S.Ip digelar pertemuan yang bertajuk “Cofee Morning Danrem 082/CPYJ dengan Forpimda Kab. Jombang , Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat se Kab. Jombang “, dengan maksud untuk mempererat tali silaturrahmi dan saling beri dan terima informasi tentang kondisi wilayah terkait dengan kemungkinan permasalahan yang memerlukan upaya penyelesaian bersama.

Ketua Forpimda Kab. Jombang yang dihadiri oleh Wakil Bupati Jombang Ibu Hj. Mudjidah  Wahab dalam sambutannya menyampaikan ucapan  selamat datang di Kab. Jombang kepada Danrem 082 beserta staf, dan menguraikan secara singkat bahwa Kab. Jombang merupakan barometernya Jawa Timur, dan Jawa Timur merupakan barometernya Indonesia, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa wilayah Kab. Jombang adalah barometer Indonesia, itulah posisi strategis wilayah Kab. Jombang.

Berbagai alasan yang kuat dan logis disampaikan Wakil Bupati, kenapa Jombang dianggap Barometernya Indonesia, diantaranya adalah karena kondisi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Pertahanan serta Keamanannya yang sangat kondusif, jika dibandingkan dengan wilayah Kab. Lainnya di Jawa Timur, dan kondisi tersebut dapat tercipta atas kerja sama yang terkoordinasi dan sinergis oleh semua pihak, terutama keberadaan 3 pilar Kab. Jombang yang telah direalisasikan sampai ke tingkat Desa. Untuk itulah, pihaknya tidak pernah berhenti untuk merintis kerja sama dengan semua pihak, terutama dengan TNI dan Polri dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah Jombang yang semakin mantap dan  kondusif, sambung Wabup.

Sementara Danrem 082 dalam sambutannya disamping perkenalan sebagai pejabat baru di Korem Mojokerto, juga mengatakan bahwa alasannya berkunjung ke Kodim 0814/Jombang merupakan urutan terakhir dari jadwal kunjungannya ke Kodim jajaran Korem Mojokerto, karena wilayah Kab. Jombang menurutnya merupakan wilayah yang paling “Guyub” di antara wilayah lainnya di jajaran Korem 082/CPYJ, dan sontak saja mendapat applous dari para hadirin, terbukti pada suatu hari ia telephon Dandim di waktu sore hari masalah Pupuk, dan malam harinya langsung ada gerakan atau aksi, itulah salah satu hal yang meyakinkan Kolonel Irham bahwa wilayah Kab. Jombang sangat Guyub. Mantan Asisten Intelijen Kasdam V/Brawijaya itu juga menambahkan bahwa dari 34 juta lebih penduduk Jawa Timur, 24 juta lebih  diantaranya adalah warga Nahdhiyin (NU), dan warga Nahdhiyin terbesar ada di wilayah Kab. Jombang sebagai pusatnya NU yang mempunyai karakter sangat patuh pada Amirul Mukminin, dan hasil kajiannya selama bertugas di wilayah Indonesia Timur, disimpulkan bahwa wilayah Indonesia Timur sangat tergantung pada Jawa Timur, terutama pada kondisi stabilitas Ipoleksosbud Hankam, dan Jawa Timur banyak ditentukan oleh bagaimana soliditas warga NU yang berpusat di Jombang, maka dapatlah diambil kesimpulan bahwa wilayah Kab. Jombang sebagai barometernya Indonesia, terutama terhadap wilayah Indonesia Timur. Jika Jombang stabil, maka Jawa Timur pasti stabil, dan kondisi Indonesia terutama wilayah Indonesia Timur Insya Allah  stabil dan kondusif, tegasnya.

Acara yang tergelar dengan penuh keramahan dari semua pihak yang hadir, di lanjutkan dengan saling memberi dan menerima cindera mata dari Wakil Bupati Jombang kepada Danrem 082/CPYJ dan dari Danrem 082/CPYJ kepada Wakil Bupati Jombang, dan acara diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh  Bp.  KH. Abdul Rohman ketua FKUB Kab. Jombang  dan berakhir pada 09.15 wib. ( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Silaturrahmi  Danrem dengan Forpimda Kab. Jombang : “Jombang Stabil, Jawa Timur Stabil, dan Insya Allah Indonesia Stabil“