TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upacara Serah Terima Komandan Kodim 1710/Mimika

By 20 Jun 2015 11:02Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-06-19_16-49-43

Merauke, tanggal 19 Juni 2015, bertempat Aula L.B Moerdani telah dilaksanakan   upacara     serah    terima    tugas wewenang dan tanggung jawab jabatan Komandan Kodim 1710/Mimika, dari Letnan Kolonel Infanteri Rafles Manurung, S.Ip kepada Letnan Kolonel Infanteri Andi Kusworo, S.E. dengan inspektur upacara Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap.

Dalam amanat Danrem menyampaiakan, serah terima jabatan dilingkungan TNI Angkatan Darat adalah bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karier Perwira yang yang berada di organisasi TNI AD.

Danrem 174/ATW juga menyampaikan sebagai komando kewilayahan, Kodim 1710/Mimika merupakan kepanjangan tangan Korem 174/ATW di daerah, guna menjabarkan kebijakan dalam rangka mengamankan dan mempertahankan kedaulatan bangsa, serta integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di wilayah Mimika. Dengan kata lain, eksistensi Kodim 1710/Mimika adalah untuk memenuhi kebutuhan pertahanan  negara  di wilayah Mimika,

Namun demikian, dihadapkan dengan luas wilayah, hakikat ancaman dan keterbatasan kemampuan, tugas pertahanan negara itu dilakukan tidak dapat berjalan sendiri, sehingga diperlukan jalinan kerjasama dan partisipasi dari semua komponen bangsa yang ada di daerah, termasuk  di dalamnya membangun kerjasama yang harmonis dengan pemerintah daerah setempat. Di wilayah Kodim 1710/Mimika terdapat PT. Freeport Indonesia yang merupakan objek vital nasional dimana keberadaannya sangat berpengaruh terhadap stabilitas keamanan wilayah negara kita. di wilayah ini sering terjadi konflik baik antar suku maupun gangguan keamanan oleh Gerakan Separatis Pengacau Bersenjata (GSPB) yang perlu penanganan secara intensif. Dengan demikian saya berharap kepada pejabat Komandan Kodim yang baru agar peka terhadap segala perkembangan situasi yang terjadi di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

 Danrem Brigjen Supartodi berpesan, dalam pemberdayaan wilayah untuk kepentingan pertahanan negara   memerlukan  kemampuan manajerial yang baik yang harus dimiliki oleh setiap pimpinan yang berada didaerah tersebut, karena menyangkut kesiapan sumber daya baik alam, penduduk dan seluruh potensi nasional yang ada di wilayahnya, sehingga dapat di berdayakan untuk sewaktu-waktu digunakan dalam rangka mengatasi berbagai bentuk ancaman yang mungkin terjadi.

Pada kesempatan ini, Danrem kembali menyampaikan bahwa salah satu keberhasilan TNI mempertahankan kedaulatan negara dan integritas wilayah negara kesatuan Republik Indonesia adalah karena adanya dukungan rakyat. Dengan demikian, unsur pimpinan beserta   seluruh   Prajurit  dan   Pegawai Negeri Sipil Kodim 1710/Mimika perlu senantiasa memelihara kerja sama dengan semua komponen masyarakat di wilayah ini. karena dengan adanya kerjasama tersebut, TNI akan selalu dicintai rakyat dan rakyat akan terus mencintai TNI. Sejalan dengan hal tersebut, terus mantapkan pembinaan satuan dan tingkatkan kemampuan pembinaan teritorial, sehingga seluruh personel dapat menunjukkan profesionalisme kemiliterannya dengan baik, dan mendapat dukungan dari rakyat, pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa untuk menjadi kekuatan yang ampuh dalam menjaga keutuhan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia.

Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Korem, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letnan Kolonel Infanteri Rafles Manurung, S.Ip yang dengan segala ketekunan dan semangat pengabdian yang tinggi, telah berhasil mengemban tugas dan tanggung jawab jabatannya dengan baik, walaupun berada dalam segala keterbatasan fasilitas yang ada, selanjutnya saya ucapkan selamat melaksanakan tugas yang baru sebagai Pabandya-4/Turjuk Spaban VI/Minintel Spamad. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ny. Putri Rafles Manurung yang dengan penuh kesetiaan mendampingi suami dalam mengemban tugasnya. Dan Kepada Letnan Kolonel Infanteri Andi Kusworo, S.E beserta keluarga, saya  ucapkan  selamat  datang dan selamat bertugas di jajaran Korem 174/ATW sebagai Komandan Kodim 1710/Mimika. Saya yakin dengan pengalaman sebelumnya sebagai Danyonif Linud 501Kostrad dan berbagai jabatan Perwira yang telah dilalui, akan menjadi bekal berharga untuk dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Serah Terima Komandan Kodim 1710/Mimika