TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yuddy Apresiasi Swasembada Pangan TNI

By 29 Jun 2015 11:58Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-1

Menteri Penda­yagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengapre­siasi sinergitas yarig dibangun antara TNI dan Kementerian Pertanian dalam menyuk­seskan program swasembada pangan. Apresiasi tersebut disampaikan secara langsung oleh Yuddy kepada Komandan Kodim (Dandim) Kabupaten Ciamis, Letkol Inf Rudi Jan Pribadi.

Menjaga pertahanan nasio­nal adalah tugas utama TNI dan keterlibatan dalam siner­gitas program swasembada pangan merupakan salah satu bagian dari upaya pengamalan tugas tersebut, ujar Yuddy saat meninjau Kodim Kabupaten Ciamis.

Yuddy mengatakan, jika TNI turun tangan, maka kewajiban pemerintah Kabupaten Ciamis untuk mendukungnya. Yuddy meminta Bupati Ciamis Iing Syam Arifin yang turut serta mendampinginya. Dalam kunjungan tersebut, Yuddy juga mengapresiasi kreativitas yang dilakukan oleh anggota TNI. Yakni dalam me­manfaatkan lahan Kodim Kabupaten yang terbatas. Be­berapa kreativitas tersebut adalah penanaman buah mar­kisa dengan sistem tanam jalar, lahan kecil yang ditanami sayuran, dan perawatan aset-aset warisan Kodim yang ma­sih terjaga dan berfungsi baik.

Setelah mengunjungi Kodim Kabupaten Ciamis, Yuddy me­lanjutkan agenda Safari Ramadan ke RSUD Ciamis un­tuk meninjau pelayanan pu­blik. Di sana, Yuddy disambut oleh Kepala RSUD dr Aceng Solohudin Achmad yang langsung mendampingi untuk me­lihat seluruh kondisi di rumah sakit terbesar di Kabupaten Ciamis tersebut. Wah ini sudah padat sekali, perlu direlokasi ke tempat yang lebih luas, jangan fokus diba­ngun ke atas, ujar Yuddy seraya mengingatkan bahwa rumah sakit yang baik haruslah memi­liki lingkungan hijau yang cukup. Kami telah menyiapkan la­han baru untuk relokasi RSUD, Insya Allah akan dilakukan bertahap,  ujar Bupati Ciamis Iing Syam Arifin menanggapi saran Yuddy.

Yuddy menambahkan ada baiknya jika relokasi tersebut dilakukan dengan membuat sistem rumah bantu. Tujuan dari penggunaan sistem terse­but  adalah  agar  proses  bertahap   relokasi   terkait   tidak meng­ganggu jalannya tata kelola pelayanan publik RSUD Ciamis. Nanti pelaksanaannya  dise­suaikan  dengan   kondisi pen­danaan dan prioritas pem­bangunan, seperti misalkan mendahulukan pembangunan unit instalasi gawat darurat agar kinerja pelayanannya da­pat lebih optimal, tegas Yuddy.

Selanjutnya/Safari Ramadhan yang dilakukan oleh Yuddy mengarah ke Polres Ciamis guna meninjau kondisi pelayanan publik di sana. Yuddy meninjau berbagai unit pelayanan publik di Polres Ciamis, seperti unit Samsat, SPK, dan pengurusan SKCK. Menurut Yuddy, Polres Ciamis menunjukkan pengorga­nisasian unit pelayanan dengan cukup baik dan hal tersebut ha­rus terus dipertahankan agar masyarakat Ciamis merasa puas. Mengingat fungsi kerja Kepolisian, dan juga TNI, yang vital, pemerintah akan memberikan apresiasi berupa ke­naikan tunjangan yang Insya Allah akan cair pada bulan Juli mendatang,  sebelum Lebaran, ujar Yuddy.

Tunjangan apresiasi bagi TNI dan Kepolisian tersebut disebut naik dari 37 persen menjadi 58 persen. Kebijakan pemberian tunjangan apresiasi tersebut merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo. Kabarnya Perpres terkait akan segera selesai diteken. Lampu hijau mengenai hal ini juga te­lah ditunjukkan oleh Kemen­terian Keuangan yang kabarnya kini tengah menggodok pene­tapan tanggal pencairannya.

Kesan pesan terhadap Kabu­paten Ciamis, Yuddy mengata­kan Kabupaten yang terletak di tenggara Jawa Barat tersebut cukup rapi dalam menata kota. Selain itu, Yuddy juga menilai kondisi pelayanan publik di Kabupaten Ciamis sudah cukup baik dan harus ditingkatkan lagi ke depannya. Yuddy juga meng­imbau Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk melaksanakan sinergitas serta koordinasi yang baik antar instansi guna mendu­kung peningkatan kualitas tata kelola pemerintahannya.

Kabupaten Ciamis harus menjadi roLe model bagi kabu­paten/kota di sekitarnya, dan juga di seluruh Indonesia, ya­kni melalui peningkatan ino­vasi kualitas tata kelola pe­merintahan dan pelayanan publik, kata Yuddy. Mengakhiri Safari Ramadhan terkait, Yuddy mengunjungi Pondok Pesantren Suryalaya di Kabupaten Tasikmalaya. Kun­jungan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat tali silahturahmi dengan pengurus dan santriawan/santriwati disana.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yuddy Apresiasi Swasembada Pangan TNI