TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Merajut tali silaturrahim melalui Safari Ramadhan

By 03 Jul 2015 17:26Kodam II/Sriwijaya
dim

Ketika memasuki bulan Suci ramadhan, kegiatan safari merupakan suatu aktifitas tahunan yang rutin diselenggarakan oleh pemerintah Kab. Tanjab Barat. Pada bulan suci Ramadhan 1436 H ini kegiatan ini pertama kali dimulai pada tanggal 2Juli 2015.

Pada hari tersebut, ada dua belas masjid sebagai tujuan tempat pelaksanaan safari, salah satunya adalah Masjid Al-Ikhlas Parit Pancasila Ds. Suak Samin Kec. Pengabuan. Adapun tim safari Kabupaten Tanjab Barat yang mendapat tugas di Desa tsb di ketuai oleh Dandim 0419/Tanjab dengan di dampingi oleh Kadishub, Kadisnak, sekretaris DPRD dan Kabag SDA Kab. Tanjab Barat.
Sebagai Penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim safari Ramadhan, adalah Ustad Nasrul Anam.

Ikut juga hadir pada acara ini yaitu Bapak Kapolsek Pengabuan, Bati tuud Ramil 419-03/Tkl. Ilir dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pengabuan.

Dalam sambutan Dandim 0419/Tanjab yg di wakili Kasdim Mayor Inf Firdaus mengatakan bhw banyak manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan safari ramadhan ini, antara lain bahwa Safari Ramadhan dapat menjadi ajang silaturrahmi dan saling kenal mengenal lebih jauh, dalam hal ini antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya. Disamping itu juga safari Ramadan juga dapat menjadi wadah yang sangat bermanfaat bagi upaya-upaya perbaikan ummat di masa depan.

Selain sebagai wadah silaturrahmi, kegiatan Safari Ramadhan juga menjadi media penyampaian informasi bagi Pemerintah Daerah kepada masyarakat, demikian juga sebaliknya sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat, ujar firdaus.

Sebenarnya banyak media yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya, namun pertemuan dalam wadah Safari Ramadhan memiliki suasana yang berbeda, karena diawali oleh kepentingan ibadah puasa yang sama, berbuka bersama, ibadah shalat Isya, Tarawih dan Witir berjama’ah baru kemudian berdiskusi tentang permasalahan yang dihadapi oleh warga.

Kegiatan Safari Ramadhan yang juga dihadiri oleh Ketua TP PKK desa Suak samin beserta segenap ibu-ibu pengajian berlangsung penuh kekeluargaan dan memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat setempat. Masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim safari dari Kabupaten Kab.Tanjab Barat.

Pada kesempatan safari ini disamping diisi dengan ceramah agama dari Bapak Ustadz Nasrul anam, juga dilaksanakan pemberian bantuan Bapak Bupati Tanjab Barat yang disampaikan oleh Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf firdaus kepada Bapak Imam Masjid Al- Ikhlas yaitu berupa uang Rp. 5.000.000,-, 5 buah Al-qur-an, 20 buah Surat Yassin. Atas bantuan yang diberikan, masyarakat sangat berterima kasih dan akan memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan yang diberikan tersebut. (Dim 0419)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Merajut tali silaturrahim melalui Safari Ramadhan