TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Aksi Perduli Koramil 701 Kranji Melaksanakan Pembuatan Jamban di Kampung Poncol

By 08 Jul 2015 07:10Kodam Jaya
AKSI PERDULI KORAMIL 701 KRANJI MELAKSANAKAN pembuatan jamban

Keperdulian TNI bersama rakyat terbukti nyata. Realita beragam tindakan konkret teruji di lapangan, dari tentara perduli jalan, jembatan, pertanian, jamban, dan yang lainnya. Manunggal TNI bersama rakyat memberikan azas manfaat. Apresiasi dan pengabdian yang tinggi terhadap fungsi dan tugasnya seorang tentara, sejatinya TNI berupaya bersinergi dan pro aktif di tengah-tengah warga masyarakat.

Terkait pembuatan jamban percontohan di Kampung Poncol RT02/RW01 Jaka Setia, Bekasi Selatan, Wa Danramil 701 Kranji, Kapten Gunawan terjun langsung di tengah kesibukan anggota merampungkan jamban untuk warga di Kampung Poncol, Jaka Setia. Lelaki berkumis tebal dan kerap diklaim mirip suami Inul Adam Suseno ini tampaknya sangat antusias.

“Kegiatan ini dari pusat diinstruksikan untuk dilaksanakan, memerintahkan Kodam, Korem, Kodim, dan Koramil pembuatan sejuta jamban untuk warga masyarakat. Proyek ini bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya saja, tapi program ini juga dilaksanakan di seluruh Indonesia, di antaranya Irian, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan yang lainnya.

Dipaparkan pria asal Solo Jawa Tengah ini bahwa masing-masing Kodam harus membuat jamban sesuai dgn kebutuhan. Misalnya di wilayah Kodam Jaya, mungkin tiap-tiap Kodim atau misal Koramil. Koramil Kranji ada 25 jamban, ada juga yang 30 jamban, tergantung wilayahnya. Karena sebagian sudah punya wc pribadi. Seperti di kawasan Pondok Gede, Cipayung juga kemungkinan lain lagi.”

Dikatakan Kapten Gunawan bahwa implementasi pembuatan jamban yang sedang dikerjakan di kawasan Poncol ini berdasarkan perintah Danrem. “Terutama di Kodim 0507, untuk masing-masing Koramil membuat jamban dua pintu sampai selesai,” tambahnya.

Saat ditelisik tentang anggaran pembuatan jamban bagi warga Kampung Poncol ini, dikatakan Kapten Gunawan sejatinya ada dananya tapi belum mengucur. “Tentang anggaran ditanggulangi dulu, karena anggaran sampai saat ini belum turun juga. Diperkirakan satu jamban dananya Rp 4 juta-an,” tukasnya.

“Makanya kita upayakan untuk kumpulkan material-material. Sedang untuk Koramil 701 kita bikin di sini dulu. Pas kebetulan yang punya lahan ada di sini, karena memang rata-rata sih sudah ada. Seperti misalnya di kawasan Kalibaru juga sudah ada. Kendala ya cari tukang agak susah,”pungkasnya.

Pembuatan jamban (WC) percontohan di Kampong Poncol, Jaka Setia, Bekasi Selatan diperkirakan akan tuntas dalam waktu seminggu. Terlepas cepat dan lamanya pembuatan jamban untuk warga yang belum memiliki toilet, para bhabinsa yang dikomandani Kapten Gunawan, selaku Wadanramil, sejatinya para tentara ini telah berbuat nyata buat warga masyarakatnya. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Aksi Perduli Koramil 701 Kranji Melaksanakan Pembuatan Jamban di Kampung Poncol