TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0726/Sukoharjo Buka Raimuna Penegak

By 30 Jul 2015 13:51Kodam IV/Diponegoro
3007201514

Bertempat di lapangan Desa Klumprit Kecamatan Mojolaban Sukoharjo, Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Riyanto, S.IP membuka kegiatan Raimuna Penegak Cabang Kwartir Cabang Sukoharjo Tahun 2015 yang dihadiri Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwarcab Sukoharjo, para Ketua Kwartir Cabang Sukoharjo dan 360 peserta dari 12 Kwarran se-Kwarcab Sukoharjo. Kegiatan Raimuna ini dimulai pada tanggal  28 Juli sampai dengan 1 Agustus 2015. Sebelum acara dimulai para peserta dan tamu undangan dihibur oleh penampilan dumband Palagan dan tarian dari siswa SD Negeri Palur 3 pimpinan Ibu Harti. Pembukaan Raimuna ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan pemukulan gong oleh Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Riyanto, S.IP.

Panitia Raimuna Kwartir Cabang Sukoharjo Kak Maryono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang pertemuan generasi muda Sukoharjo dalam membangun masyarakat untuk mengukir prestasi serta mengembangkan kreatifitas, meningkatkan sikap dan jiwa kepemimpinan, kebersamaan, semangat pengabdian kepada masyarakat yang dapat menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan selalu berperan aktif dalam membangun masyarakat. Selain itu juga  untuk menggalang persaudaraan, meningkatkan pengalaman, pengetahuan, ketrampilan dan wawasan serta patriotisme, dan menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan cita-cita gerakan Pramuka dan cita-cita bangsa Indonesia. Peserta Pramuka merupakan Pramuka Pandega utusan dari kontingen sekolah SMA/ sederajat atau gugus depan se Kwarcab Sukoharjo.

Sementara itu Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Riyanto SIP dalam amanatnya mengatakan sebagai Kabupaten Pramuka saya menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan Raimuna sebagai wahana pertemuan bagi Pramuka Kwarcab Sukoharjo dalam rangka membantu pembentukan karakter generasi muda yang tangguh, cerdas, mandiri dan berakhlakul karimah serta mempunyai rasa kepedulian yang tinggi terhadap kehidupan masyarakat.

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pendeg dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional. Dengan mengusung tema “Unity For Peace, Scout For Better World“ yang artinya bersatu untuk perdamaian, Pramuka untuk dunia yang lebih baik.

Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur,  Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Gerakan Pramuka juga merupakan pemegang tongkat estafet kepemimpinan di masa datang. Dalam era globalisasi yang semakin kompetitif, perlu ditanamkan jiwa dan semangat cinta tanah air serta ditumbuhkan semangat perjuangan untuk menentukan kemajuan bangsa, negara dan tanah air. Raimuna sendiri adalah kegiatan bagi pramuka Penegak dan Pandega, dan merupakan gabungan dari kegiatan Peran Saka (Perkemahan antar Satuan Karya) dan Perkemahan Wirakarya.

Dengan kegiatan ini diharapkan para generasi muda melalui gerakan Pramuka mendapat latihan dan tempaan serta pelajaran untuk senantiasa survive dalam keadaan kondisi apapun.  “Dengan kegiatan ini adik-adik Pramuka bisa mengeksope atau menampilkan kemampuan diri, menebar kreatifitas, prestasi, solidaritas dan tidak lupa juga menggodog mental spiritual serta sebagai wahana aksi sosial yang nyata di masyarakat, serta menciptakan kemandirian yang dilandasi dengan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang maha Esa”, ujar Dandim.

Dandim 0726/Sukoharjo Buka Raimuna Penegak