TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim Ngawi Galakkan Budi Daya Padi Salibu

By 10 Jul 2015 10:35Kodam V/Brawijaya
5C

Ngawi – Komandan Kodim 0805/Ngawi Letkol Inf Sugiyono S.Sos, bersama Kepala Dinas pertanian Kab. Ngawi Marsudi menghadiri pelaksanaan panen padi bersama untuk persiapan lahan budidaya tanaman padi dengan Teknologi Padi Salibu (ratun yang dimodifikasi) di lahan ± 18 HA bertempat di Desa.Tambakboyo, Kec. Mantingan, Kab.Ngawi (09/07/2015).

Kegiatan diikuti dari berbagai instansi antara lain Satuan Koramil jajaran Kodim Ngawi sebanyak 30 orang, Batalyon Armed 12/Kostrad sebanyak 20 orang, perwakilan Polsek Mantingan sebanyak 2 orang, perwakilan kelompok tani setempat dan masyarakat sebanyak 50 orang.
Dandim dalam sambutannya mengatakan bahwa “Perkembangan pembangunan pertanian di bidang pertanian terus meningkat dan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi juga oleh pihak TNI AD dan masyarakat yang ikut berperan serta dalam sektor pangan, sehingga dapat mensukseskan program swasembada pangan, khususnya di Kab. Ngawi.

Di tengah upaya peningkatan produksi padi ternyata di Kabupaten Ngawi ada suatu inovasi teknologi sejak beberapa tahun lalu telah dikembangkan oleh masyarakat dan sangat mudah dilaksanakan. Inovasi tersebut adalah “ Teknologi Padi Salibu” , namun yang menjadi permasalahan bahwa kebanyakan petani masih belum mau menerapkan teknologi tersebut karena petani masih percaya dengan teknologi tradisional (cara lama) yang selalu dilakukan setiap periode tanam, sehingga para penyuluh pertanian maupun badan pertanian setempat sulit untuk memberikan sosialisasi mengenai padi salibu ini, jelas Dandim.

Kegiatan semacam ini merupakan momentum yang baik dan langkah awal untuk suksesnya program swasembada pangan di Kab. Ngawi. Keuntungan penerapan padi salibu/ratun adalah cepat, mudah dan murah serta dapat meningkatkan produktivitas padi per unit area dan per unit waktu. Penerapan budidaya padi dengan sistem salibu/ratun melalui pemanfaatan varietas berdaya hasil tinggi, diduga dapat memberi andil dalam meningkatkan produktivitas padi nasional, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Kepala Badan Ketahanan Pangan Kab. Ngawi Slamet Purnomo, Camat mantingan yang diwakili oleh Kasi Trantin Suwandi, para Danramil dan staf lainnya dari jajaran Kodim 0805/Ngawi.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim Ngawi Galakkan Budi Daya Padi Salibu