TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danjen Akademi TNI : Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri Tahun 2015 di Akpol Semarang

By 27 Jul 2015 10:08Puspen TNI
danjen1
(Puspen TNI, 27 Juli 2015).   Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Pelantikan Perwira Polisi Tahun 2015 akan dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara,Kampus Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, pada hari Kamis 30 Juli 2015. Demikian dikatakan Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Mayjen TNI HarryPurdianto, S.I.P., M.Sc., di dampingi Gubernur Akpol Irjen Pol Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., Wagub Akmil Brigjen TNI Sudirman, Gubernur AAL Mayjen TNI(Mar) Guntur I.C Lelono, S.E., dan Gubernur AAU Marsda TNI Abdul Muis, pada acara Jumpa Pers dalam rangka kegiatan Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri, di Gedung Auditorium  Akpol  Semarang, Minggu (26/7/2015).

 
Danjen Akademi TNI Mayjen TNI Harry Purdianto, S.I.P., M.Sc., juga menyampaikan bahwa, upacara Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2015 masing-masing Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian telah meluluskan Perwira Remaja (Paja,) dengan rincian : Akmil 215, AAL 100, AAU 89 dan Akpol 389 Perwira. “Selain memperoleh pangkat Letnan Dua (Letda) dan Inspektur Polisi Dua (Ipda) mereka juga mendapat gelar S.T. Han (Sarjana Terapan Pertahanan) danS.T.K (Sarjana Terapan Kepolisian), sedangkan lama pendidikan yang mereka tempuh yaitu 4 (empat) tahun”, katanya.
 
Sementara itu, lulusan terbaik yang memperoleh anugerah Adhi Makayasa adalah sebagai berikut : dari Akmil Letda Inf Angger Panduyudha (putra pasanganIswandi dan Dwi Supriyanti asal Gunungkidul), AAL Letda Laut (P) Adyksa Yudistira (putra pasangan Drs. H. Utomo Sidi H. dan Dra. Hj. Sri Suparmi asalKaranganyar), AAU Letda Tek Dito Sigit Kuncoro (putra pasangan Setyo Wibowo, S.E. dan R.R. Kp. Rahayu N. asal Purworejo), dan Akpol Ipda Fauzi Pratama (putra pasangan Iwan T. Jumhawan dan Meity Damayanti asal Subang).
 
Anugerah Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap Akademi TNI dan Polri. Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek yakni Akademis, Kesamaptaan Jasmani, dan Kepribadian atau Mental”, ujar Mayjen TNI Harry Purdianto.
 
Lebih lanjut Mayjen TNI Harry Purdianto mengatakan bahwa, Presiden RI Ir. Joko Widodo direncanakan akan bertindak selaku Inspektur Upacara, sedangkanKomandan Upacara adalah Kombes Pol Iswyoto Agoeng, Msi., lulusan Akpol 1988 B, yang sehari-hari menjabat Kepala Korps Pembinaan Taruna dan Siswa Akpol. Sementara itu, sebagai cadangan Komandan Upacara adalah Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa, lulusan Akmil 1990, yang sehari-hari menjabat Komandan Resimen Taruna Akmil. Pada kesempatan tersebut Danjen Akademi TNI juga berharap media dapat mensosialisasikan dan mempublikasikan kepada masyarakat luas, sehingga kegiatan penting ini dapat diakses publik dengan sebaik-baiknya.
 
Sebelum menggelar Jumpa Pers, di tempat yang sama Danjen Akademi TNI memberikan pembekalan kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) lulusan Akmil, AAL, AAU dan Akpol, yang akan diambil sumpah dan dilantik menjadi Perwira TNI pada tanggal 30 Juli 2015, bahwa salah satu inti pembekalan di akhir pendidikan Capaja TNI sebelum Praspa mengandung makna dan nilai yang sangat penting, sebagai modal dalam mengawali karier sebagai Perwira Remaja TNI, dengan harapan para perwira remaja dapat memperoleh bekal yang berharga dalam mengawali pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI dan Polri.
Sementara itu, Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI Laksma TNI Ir. Daradjat Hidajat, M.AP. dalam pembekalannya yang mengambil materi“Prajurit TNI dan Polri yang Bermental Tangguh Dalam Mengabdi kepada Bangsa dan Negara” mengatakan bahwa, pembinaan mental merupakan bagian integral dari pembinaan prajurit TNI dan Polri dengan sasaran sumber daya manusia.  Manusia terdiri dari tiga unsur pokok yaitu mental, intelektual dan fisik/jasmani, ketiga unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang menentukan kualitas manusia. Mental merupakan unsur yang sangat menentukan, karena merupakan motor penggerak, pendorong dan pengendali perilaku manusia. Dalam upaya pengembangan kualitas insan prajurit TNI dan Polri dimana dalam hal ini termasuk pengembangan kualitas perwira sebagai calon pemimpin, ketiga unsur tersebut harus dibina secara serasi, selaras dan seimbang, yaitu fisik yang kuat, pikiran yang cerdas dan mental yang tangguh.
Kapusbintal TNI juga mengingatkan seluruh Capaja TNI-Polri, untuk disadari bahwa kemampuan memimpin sangat tergantung pada kualitas jiwa dan sifat seseorang. Seorang pemimpin akan dapat menjalankan kepemimpinannya tergantung kepada kemauan dan usaha dalam mengembangkan kreatifitas, inovasi sertakepekaan terhadap situasi dan kondisi yang berkembang.
Lebih lanjut Kapusbintal TNI mengatakan, bahwa seorang pemimpin di lingkungan TNI dan Polri memiliki peran yang sangat penting bagi satuan yang dipimpinnya, karena pemimpin merupakan teladan yang jadi panutan anggotanya. Disamping itu, kondisi satuan sangat dipengaruhi oleh bagaimana pemimpin satuan menjalankan tugasnya. “Apabila pemimpin satuan dapat menjalankan kepemimpinannya dengan baik, maka satuan yang dipimpinnya akan dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. Sebaliknya bila kepemimpinannya buruk, maka satuannya bisa menjadi buruk, sehingga tidak dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik”, tandasnya.
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danjen Akademi TNI : Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri Tahun 2015 di Akpol Semarang