TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dansektor Utara Satgas Pamtas RI-PNG resmikan Program Jambanisasi

By 31 Jul 2015 14:10Puspen TNI
photo 5

Komandan Sektro (Dansektor) Utara Satgas Pamtas (Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan) RI-PNG Kolonel Inf Windiyatno meresmikan program Jambanisasi yang telah dikerjakan oleh Prajurit TNI Batalyon Infanteri (Yonif) 400/Raider dibawah pimpinan Letkol Inf Heri Bambang Wahyudi selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas di Papua, Kamis (30/7/2015).

Program ini dapat terlaksana berkat kerjasama Satgas Pamtas Yonif 400/Raider dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom, Bank BI, Yayasan Terang Bagi Sejahtera Bangsa dan PTPN II Nusantara, yang telah telah dilaksanakan mulai tanggal 22 Juni 2015 s.d. 10 Juli 2015 di 11 rumah warga kampung Piawi Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom Papua.

Dansektor Utara Satgas Pamtas RI-PNG Kolonel Inf Windiyatno dalam sambutannya menekankan bahwa, pentingnya program ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara, khususnya Satgas Yonif 400/Raider kepada lingkungan masyarakat di dalam hal pemeliharaan kesehatan masyarakat.

“Pentingnya memelihara kesehatan berarti suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial”, kata Kolonel Inf Windiyatno.

Sementara itu, Dansatgas Yonif 400/Raider Letkol Inf Heri Bambang Wahyudi usai pemotongan pita disalah satu jamban yang telah diresmikan mengatakan, selama ini sebagian masyarakat sekitar memiliki perilaku kurang peduli terhadap kesehatan khususnya dalam hal buang hajat. Hal ini  masih terlihat dilakukan di sungai bahkan juga di area perkebunan, dimana hal tersebut tidak baik bagi kesehatan maupun bagi lingkungan sekitar. Perilaku tersebut sudah dianggap lumrah dan bukan merupakan suatu yang tabu, hal ini dilakukan karena faktor ketidak pedulian dari diri sendiri dan tidak adanya sarana dan prasarana dalam mengatasi permasalahan buang hajat bagi masyarakat.

Melihat kondisi masyarakat yang belum sadar akan dampak yang ditimbulkan dari buang hajat di sembarang tempat. Satgas Pamtas Yonif 400/Raider mencetus dan membuat program Jambanisasi di daerah teritorialnya yaitu di Wilayah Kampung Piawi Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom. “Pelaksanaan Jambanisasi ini merupakan salah satu implementasi kegiatan teritorial, selain pelaksanaan tugas utamanya menjaga perbatasan RI – PNG”, ujar Dansatgas.

Pada kesempatan ini, Bupati Keerom diwakili oleh Asisten I Dra Yohana War menyampaikan agar masyarakat peduli lagi terhadap masalah kesehatan dan juga membuka diri terhadap anggota Satgas yang berada diwilayahnya untuk bersama-sama membangun daerahnya masing-masing. Pemerintah Kabupaten dalam hal ini telah memberikan dana melalui program BK3 (Bantuan Keuangan Kepada Kampung) agar masyarakat dapat menggunakannya secara maksimal.

Dalam acara tersebut juga turut mengundang Kakesbangpolimas Kabupaten Keerom Sucahyo Agung dan Kapolres Kabupaten Keerom AKBP Tober Sirait.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dansektor Utara Satgas Pamtas RI-PNG resmikan Program Jambanisasi