TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Denma Brigif-20/IJK berikan pembekalan Bela Negara kepada siswa SMK Taruna Rajawali

By 20 Jul 2015 06:28Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-07-18_16-33-06

Timika – (16/07). Dalam rangka meningkatkan semangat dan jiwa negara terhadap para pemuda-pemudi khususnya siswa-siswi pelajar di wilayah kota Timika, Anggota Denma Brigif-20/IJK dengan dipimpin langsung oleh Batisi Ter Denma Brigif Serka John S Saramuke dan beberapa pelatih diantaranya yaitu Sertu Suharto, Serda Mustamin, Praka Awaludin dan juga Pratu Christoforus Banggo melaksanakan pelatihan tentang materi bela negara, selain itu juga diisikan dengan beberapa materi PBB ( Peraturan Baris Berbaris ) dan kepemimpinan lapangan yang bertempat di halaman lapangan tembak pistol Brigif-20/IJK dan juga halaman sekolah SMK Taruna Rajawali, yang berlokasikan di Jalan Yos Sudarso poros kota Timika.

Terlihat beberapa pelatih dari anggota Denma Brigif-20/IJK yang ditugaskan untuk melatih dalam kegiatan MOS ( Masa Orientasi Siswa ) tersebut sangat antusias sekali mengajarkan kepada siswa siswi pelajar dengan bertujuan agar putra putri penerus bangsa tersebut kedepannya memiliki semangat untuk rela berkorban dan bela negara yang tinggi. Selain itu pula kegiatan ini bertujuan untuk memperlihatkan kedekatan antara prajurit TNI AD dengan rakyat seperti yang terdapat pada selogan yang berbunyi Bersama Rakyat TNI AD Kuat. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dengan hari pertama pelaksanaan di halaman lapangan tembak pistol Brigif-20/IJK dengan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang prajurit TNI, sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan. Sedangkan manfaat PBB bagi seorang pelajar itu sendiri adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan rasa bela negara. Dalam kegiatan PBB kali ini jenis materi yang diajarkan adalah PBB dasar meliputi antara lain yaitu sikap sempurna yang baik, cara meluruskan barisan, jalan ditempat, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, sikap istirahat saat menerima pengarahan, cara perpindahan pasukan, dan cara penghormatan.

Sedangkan hari ke kedua dan ketiga pelaksanaan bertempat di halaman sekolah SMK Taruna Rajawali. Kegiatan ini sudah dimulai pukul 07.30 WIT dan di ambil alih langsung oleh pembina pelatih yaitu Serka John S Saramuke dengan beberapa materi kepemimpinan lapangan dan bela negara serta wawasan kebangsaan. Kemudian dalam pelaksanakan latihan ini harus dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat karena kegiatan ini merupakan sebagai salah satu cara seseorang membentuk kedisiplinan dirinya. Materi ini sangat penting diketahui bagi para pelajar karena akan membentuk kedisiplinan, kekompakan, dan semangat bela bela negara dan tanah air.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kostrad Dinas Penerangan Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Denma Brigif-20/IJK berikan pembekalan Bela Negara kepada siswa SMK Taruna Rajawali