TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Elemen Masyarakat Jaga Toleransi Antar Umat Beragama

By 30 Jul 2015 12:17Kodam I/Bukit Barisan
DSC_9447

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Widagdo Hendro. S bersama Pemerintah provinsi Sumatera Barat, organisasi masyarakat (ormas) dan tokoh agama Sumbar, Selasa (28/7) mengadakan pertemuan dalam rangka mencegah aksi Tolikara, Papua merembes hingga ke Sumbar.

Pertemuan yang digagas Pemprov Sumbar dengan agenda Silaturrahmi Pemerintah Dengan Lintas Tokoh dalam rangka Meningkatkan Kerukunan Ummat Beragama di Provinsi Sumbar, sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menjaga suasana tetap kondusif.

Pertemuan lintas tokoh agama dan ormas yang didakan di Auditorium Gubernuran Sumbar, dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumbar, Bupati/Walikota, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar Brigjen Polisi  Bambang Sri Herwanto, Kapolres kabupaten/kota, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Bundo Kanduang, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan perangkat SKPD terkait.

“Masyarakat Sumbar tidak boleh terpancing dengan aksi Tolikara pada Lebaran 17 Juli 2015 lalu, karena kasus itu sudah diproses. Semua elemen masyarakat dan tokoh agama agar sama-sama menjaga toleransi antar umat beragama. “Kita Bhineka Tunggal Ika, jadi pegang teguh falsafah ini agar kita tidak bisa diadu domba oleh bangsa lain,” kata (Danrem 032/Wbr) Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco.

Danrem 032/Wbr menjelaskan, pasca insiden Tolikara, tidak ada ormas tententu di Sumbar yang menjadi pantauan khusus. Meski demikian, kami terus memantau dan meningkatkan pengamanan dilapangan.

Saling pengertian, kerjasama, menjaga kekompakan dan toleransi dalam hirup beragama sangat di perlukan sehingga setiap permasalahan yang muncul dapat diselesaikan dengan cara bermusyawarah. Sebagai daerah yang dikenal dengan kultur masyarakat yang agamais, egaliter, dan demokratis, Sumbar diharapkan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia dalam berkehidupan keagamaan.

Demikian disampaikan oleh Penrem 032/Wbr***(azmi)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Elemen Masyarakat Jaga Toleransi Antar Umat Beragama