TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hanmars Dijadikan Ajang Monitoring Wilayah

By 01 Jul 2015 11:24Kodam IV/Diponegoro
0107201505
Anggota Kodim 0712/Tegal pada pukul 08.30 Wib. melaksanakan kegiatan ketahanan mars (hanmars) pada malam hari di bulan Ramadhan , titik star dan finis dari Makodim 0712/Tegal. Yang di ikuti seluruh anggota Kodim 0712/Tegal, Selasa (30/6)
Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos selaku tertua dalam kegiatan ini mengatakan kegiatan hanmars di bulan Ramadhan ini, prajurit akan menempuh jalan sejauh 5 kilometer., yang diikuti semua anggota baik Perwira, Bintara dan Tamtama akan mendapat gilirin. Pelaksanaan kegiatan dua kali dalam satu minggu dengan jarak bertahap sampai nantinya jarak yang ditempuh 10 Km. hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan kesegaran jasmani militer (Jasmil) agar para prajurit senantiasa selalu siap setiap saat bila dibutuhkan Negara menjaga kedamaian, ketentraman dan keutuhan NKRI.Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat sekitar. dengan kegiatan seperti ini, anggota juga dapat melakukan monitoring situasi dan kondisi masyarakat di wilayah Kodim 0712/Tegal.
Semua anggota akan mendapat gilirin, nantinya dalam seminggu akan dilakukan kegiatan hanmars dua kali dengan jarak bertahap. Hal ini, agar prajurit TNI AD, baik Tamtama, Bintara maupun Perwira bisa memiliki ketahanan stamina yang semakin baik dan nantinya semua anggota juga siap untuk berperang jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos.
Kegiatan latihan Han Mars merupakan agenda kegiatan satuan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memelihara fisik para anggota agar menunjang tugas pokok TNI AD ke depan yang semakin berat, selain itu kegiatan ini untuk meningkatkan Soliditas satuan serta kebersamaan antar Prajurit Kodim 0712/Tegal.
Dandim berharap, para prajurit disamping melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidang masing-masing, agar tetap memelihara dan menguasai pengetahuan dasar keprajuritan serta menjaga kesiapan kondisi fisiknya, sehingga tugas pokok dapat dicapai juga kemampuan perorangan tetap terpelihara. Latihan ini bertujuan untuk melatih sekaligus mengingatkan kembali para Prajurit  tentang berbagai kegiatan dasar sebagai seorang Prajurit. Tegas Dandim.
Dandim minta Ketahanan Mars prajurit agar selalu siap dalam kegiatan apapun. Sebagai Prajurit yang profesional dalam mendukung tugas pokok TNIAD, diharapkan dapat memelihara dan menjaga keterampilan serta kemampuan fisiknya secara baik, agar anggota Makodim 0712/Tegal setiap saat siap melaksanakan tugas pokok dalam rangka  mempertahankan kedaulatan NKRI. Lebih lanjut Dandim berharap dengan kegiatan Han Mars ini, dapat menjalin komunikasi yang baik, menumbuhkan rasa kebanggaan dan rasa kebersamaan sehingga dicapai suatu kekompakan bagi seluruh anggota Kodim 0712/Tegal.
Sebagai penanggung jawab dilapangan Pasi Ops Kodim 0712/Tegal Kapten Arm Suhendra menjelaskan bahwa latihan ini mengambil Start/Finis di Makodim 0712/Tegal, diharapkan pembinaan olah raga Hanmars yang diprogram secara khusus ini, tidak saja dapat memperkuat ketahanan fisik prajurit, namun juga memberi manfaat lebih bagi masing masing individu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hanmars Dijadikan Ajang Monitoring Wilayah