TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Idul Fitri Jadikan Momentum Kembali Ke Fitrah Manusia Sejati

By 20 Jul 2015 15:18Kodam III/Siliwangi
im4

       Komandan Korem 061/Sk Kolonel Inf Fulad, S.Sos. M.Si., berserta jajarannya melaksanakan Shalat Idul Fitri 1436 H bertempat di halaman Makorem 061/ Suryakancana jalan Merdeka no. 64 Kota Bogor, Jum’at  (17/7).

Dalam sambutannya, Danrem 061 / SK,  mengatakan bahwa hari raya Idul Fitri merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri dalam konteks ini berarti kembali kepada fitrah manusia sebagaimana layaknya bayi yang baru lahir. Lebih lanjut dikatakan Danrem, bahwa Pemaknaan hari raya Idul Fitri hendaknya bersifat positif seperti menjalin silaturrahim.  Begitulah pentingnya silaturahmi sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang artinya Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu berjabat tangan melainkan keduanya akan diampuni (dosanya) sebelum mereka berpisah”. (HR.Daud,Tirmidzi&Ibnu Majah) .

Dengan rasa suka cita kita sambut hari kemenangan, walaupun  disisi lain kita juga bercampur sedih dengan linangan air mata di tinggalkan bulan Ramadhan yang penuh berkah, maghfiroh dan Rahmat Allah SWT, serta banyak pelajaran dan hikmah, faidah dan fadhilah yang kita dapatkan.

Kini bulan Ramadhan telah berlalu, tapi satu hal yang tidak boleh meninggalkan kita dan harus tetap bersama kita yaitu spirit dan akhlak puasa Ramadhan, sehingga 1 Syawal harus menjadi Imtidad lanjutan Ramadhan dengan ibadah serta kesalehan sosial. Sebab Kata Syawal itu sendiri artinya peningkatan. Inilah yang harus mengisi sebelas bulan ke depan dalam perjalanan hidup kita, sambung Danrem kepada media.

Seorang muslim yang kembali kepada fitrahnya ia akan memiliki sikap yaitu pertama,     ia tetap istiqomah memegang agama tauhid yaitu islam, ia tetap akan berkeyakinan bahwa Allah itu maha Esa dan hanya kepadanya kita memohon. Kedua,     dalam kehidupan sehari-hari ia akan selalu berbuat dan berkata yang benar, Walau Kaana Murron, meskipun perkataan itu pahit.

Ketiga,    ia tetap berlaku sebagai abid, yaitu hamba Allah yang selalu taat dan patuh kepada perintah-Nya.

Dalam kesempatan berlebaran di hari raya yang suci ini, mari kita satukan niat tulus ikhlas dalam sanubari kita, kita hilangkan rasa benci, rasa dengki, rasa iri hati, rasa dendam, rasa sombong dan rasa bangga dengan apa yang kita miliki hari ini. Mari kita ganti semua itu dengan rasa kasih sayang dan rasa persaudaraan. Dengan hati terbuka, wajah yang berseri-seri serta senyum yang manis kita ulurkan tangan kita untuk saling bermaaf-maafan.

Pada pelaksanan Sholat idul fitri di lapangan Makorem 061/Sk, tampak hadir para Kabalak Aju Rem 061/Sk, Para Kasirem 061/Sk dan prajurit jajaran Korem 061/Sk serta masyarakat sekitarnya.  ( Penrem 061/Sk )

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Idul Fitri Jadikan Momentum Kembali Ke Fitrah Manusia Sejati