TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad Pimpin Serah Terima Pangkostrad dan Para Pangkotama Jajaran TNI AD

By 31 Jul 2015 16:08SIARAN PERS, Dinas Penerangan
sertijab-pangkostrad

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menyerahkan tugas dan tanggung sebagai Panglima Komando Cadangan Startegis Angkatan Darat (Pangkostrad) kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi setelah Jenderal TNI Mulyono meduduki jabatan Kasad. Upacara sertijab ini berlangsung di Lapangan Hitam, Markas Divisi I/Kostrad, Cilodong, Depok, Jumat (31/7).

Upacara penyerahan jabatan Pangkostrad dilaksanakan secara bersamaan dengan penyerahan jabatan para Pangkotama jajaran TNI AD, seperti Komandan Kodiklat TNI AD, Panglima Kodam, Danjen Kopasus dan Kepala Balakpus TNI AD.

Jabatan Dankodillat TNI AD diserahterimakan dari Letjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus kepada Mayjen TNI Agus Sutomo yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya. Panglima Kodam II/Sriwijaya yang dijabat oleh Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.IP mantan Wadan Kodiklat TNI AD.

Selanjutnya Mayjen TNI Jaswandi mantan Aspers Kasad menempati jabatan baru menjadi Pangdam IV/Diponegoro, Pangdam XVI/Patimura dijabat oleh Mayjen TNI Doni Munardo mantan Danjen Kopassus, Danjen Kopassus dijabat oleh Brigjen TNI Muhammad Herindra M.A, M.Sc mantan Kasdam III/Siliwangi, Danseskoad dijabat oleh Brigjen TNI Pratimun, S.sos mantan Wadan Seskoad, Danpuspomad dijabat oleh Brigjen TNI Dodik Widjanarko, S.H mantan Wadan Puspomad, Mayjen TNI Sumardi dari Gubenur Akmil menjadi Pangdam V/Brw dan Gubernur Akmil dijabat oleh Brigjen TNI Hartomo mantan Danpusintelad.

Kepentingan Organisasi

Dalam amanatnya, Kasad Jenderal TNI Mulyono menjelaskan bahwa pergantian ini telah dilakukan melalui pertimbangan yang matang, serta mengedepankan kepentingan organisasi TNI AD.

“Serah terima jabatan kali ini menjadi terasa istimewa, karena dilaksanakan untuk para pejabat tinggi di lingkungan TNI AD yang langsung di bawah Kasad, seiring dengan proses regenerasi yang mewarnai perputaran roda organisasi TNI AD”, ungkap Kasad.

Selanjutnya Kasad menegaskan, bahwa saat ini TNI AD dan TNI secara umum, sedang memasuki babak baru terkait dengan pergantian pucuk pimpinan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Sebagaimana komitmen TNI/TNI AD, akan terus melanjutkan hal-hal positif yang pondasinya telah dibangun oleh para pejabat lama, disertai keinginan untuk mengembangkan kreasi dan inovasi baru untuk senantiasa meningkatkan kinerja organisasi dalam mendukung program TNI AD, TNI dan Pemerintah.

“Berangkat dari hal tersebut, maka saya minta kepada seluruh pejabat baru agar bekerja keras untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dikerjakan selama ini. Selanjutnya, rumuskan dan sempurnakan kebijakan di berbagai bidang secara lebih aplikatif agar dapat diimplementasikan oleh jajaran Satuan TNI AD”, tegas Kasad.

Kepada Pangkostrad, lanjutkan pembinaan kesiapan operasional terhadap segenap satuan jajarannya agar Kostrad selalu siap untuk digerakkan dengan cepat dalam menghadapi setiap ancaman yang timbul di tanah air kita.

Sedangkan kepada Dankodiklat TNI AD agar terus mengembangkan doktrin, pendidikan dan latihan sesuai dengan program kerja dan anggaran yang telah berjalan, serta lakukan evaluasi agar ke depan semakin efektif dan efisien.

Khusus kepada para Pangdam, agar terus mewaspadai setiap dinamika perkembangan situasi yang terjadi di wilayah masing-masing secara arif dan bijaksana, khususnya menjelang Pilkada serentak bulan Desember 2015 nanti, koordinasikan dengan pihak keamanan dan aparat terkait, serta libatkan semua pemangku kepentingan, untuk menjaga agar setiap daerah tetap kondusif dan stabil.

Selanjutnya Kasad menekankan agar seluruh jajaran TNI AD meningkatkan terus semangat toleransi dan kerukunan hidup umat beragama, cegah terjadinya konflik komunal dan aksi anarkis, terorisme maupun lainnya, yang dapat menghambat proses pembangunan nasional di daerah masing-masing. Tidak ketinggalan pula, bangun komunikasi dan sinergitas kegiatan yang baik dengan berbagai elemen masyarakat.

Kemudian kepada Danjenkopassus, Jenderal Mulyono meminta terus melatih dan meningkatkan kemampuan prajurit. Agar selalu terampil dan mahir dalam bertempur, serta dapat menunjukkan kualitas kekhususannya selama ini, yaitu kekhususan yang tidak dimiliki prajurit tempur lainnya.

Harapan yang besar juga Kasad sampaikan kepada Danseskoad dan Gubernur Akmil, agar terus meningkatkan sistem pendidikan di satuan masing-masing melalui evaluasi yang terus-menerus, disertai pengkajian terhadap proyeksi pengembangan di masa yang akan datang. Kepada kedua lembaga pendidikan tersebut harus lebih mampu menghasilkan keluaran yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif. Perwira TNI AD yang dibentuk di Akademi Militer kemudian dikembangkan di Seskoad harus mampu membawa diri dan organisasinya untuk bersaing dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. (Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad Pimpin Serah Terima Pangkostrad dan Para Pangkotama Jajaran TNI AD