TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/Sriwijaya Gelar Halal Bi Halal

By 23 Jul 2015 08:18Kodam II/Sriwijaya
2b

Palembang, Halal bihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan sesudah hari lebaran baik di kalangan instansi pemerintah, perusahaan dan dunia pendidikan. Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling berbagi kasih sayang setelah hari Raya Idul Fitri.

Demikian disampaikan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, SE dihadapan segenap Prajurit dan PNS Makodam II/Swj Palembang, Rabu (22/7/15) pada acara Halal Bihalal, usai melaksanakan apel pengecekan kembali cuti lebaran, bertempat di Lapangan Makodam II/Swj.

Dikatakan juga bahwa Halal Bihalal sendiri merupakan tradisi yang ada di Indonesia, dimana Indonesia memiliki kekayaan alam, adat istiadat, budaya dan suku yang berbeda-beda. Meski Halal Bihalal khusus dilakukan oleh umat Islam, tapi tidak salah jika Halal Bihalal dijadikan “tali” pemersatu. “Dimana dengan adanya Halal Bihalal, umat Islam dapat dikenal sebagai agama yang memiliki toleransi yang tinggi,” ujar Pangdam.

Selain itu, sambung Pangdam, Halal Bihalal dapat dijadikan sebagai ajang saling berkumpul, silaturahmi dan maaf-memaafkan. “Tidak perlu memandang agamanya, mau dia agama Kristen, Hindu maupun Budha, yang penting aroma kebersamaannya dan rasa toleransi dapat dipupuk di sini,” ujar Iskandar.

“Karena Halal Bihalal sendiri tidak melulu kegiatan atau tradisi saling maaf-memaafkan. Lebih luas dari itu, Halal Bihalal bisa dijadikan “penghubung” satu sama lain agar tercipta rasa saling menghargai, menghormati, membantu, dan hal lain yang dapat membina hubungan yang lebih baik lagi antar sesama. “Halal Bihalal merupakan refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling memberi kasih sayang dengan sesama maupun dengan yang lain”, ujarnya.

Usai menyampaikan sambutan singkatnya, dalam suasana kebersamaan dan penuh keakraban, dengan iringan lagu dan musik islami, Mayjen TNI Iskandar M, Sahil, SE bersama para pejabat teras Kodam II/Swj menerima jabat tangan dan ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” dari para prajurit dan PNS Makodam II/Swj.

Hadir dalam acara Halal Bihalal tersebut, Irdam II/Swj Kolonel Kav Abdul Rahman Made, S. IP, Para Asisten kasdam II/Swj, Para Pa Staf Ahli Pangdam, Pa LOAU, Para Kabalakdam Makodam II/Swj dan segenap Prajurit dan PNS Makodam II/Swj. (Pendam II/Swj).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kostrad Dinas Penerangan Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/Sriwijaya Gelar Halal Bi Halal