TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam Jaya Ringankan Beban Warga Bantaran Kali Ciliwung Berikan Bantuan Sembako

By 06 Jul 2015 08:37Kodam Jaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Dimulai dari jembatan jeling Roxy, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo, SE dan rombongan menaiki perahu karet LCR untuk meninjau karya bhakti “minggu bersih” program ciliwung bersih, indah dan sehat, minggu (05/07). Air sungai nampak hitam dan kotor menandakan bahwa kondisi sungai ciliwung yang menjadi kebanggaan kota Jakarta ini masih tercemar. Beragam macam sampah yang ditemukan sepanjang perjalanan menyusuri sungai ciliwung ini, hal ini semua cerminan warga di bantaran sungai yang masih membuang sampah sembarangan dan tidak sadar akan pentingnya menjaga sungai.

Kodam Jaya/Jayakarta tidak akan pernah diam melihat kondisi seperti ini, program ciliwung bersih yang sudah dilaksanakan selama sekitar 7 bulan, menjadi bukti nyata kepedulian. Kondisi sungai yang diharapkan belum tercapai, masih perlu banyak kepedulian semua pihak yang ada di ibukota untuk sama-sama mewujudkan ciliwung yang bersih, indah dan sehat. Setelah menyusuri sungai ciliwung selama sekitar 2 jam, Pangdam Jaya dan rombongan tiba di Hutan Taman Kota Penjaringan Jakarta Utara.

Di hutan taman kota penjaringan Jakarta Utara ini diadakan Buka puasa bersama jajaran Kodam Jaya/Jayakarta dengan unsur masyarakat sekitar yang tinggal dibantaran kali ciliwung. Sebelum acara buka puasa bersama, acara diisi dengan tausiah ramadhan oleh ustadz Sulaiman yang memberikan siraman rohani kepada seluruh prajurit dan warga yang hadir, selain siraman rohani juga ditampilkan kelompok marawis dari denzipur 3 yang menyegarkan suasana dengan lagu-lagu rohanian yang didendang.

Begitu azan magrib berkumandang, seluruh prajurit kodam jaya dan warga melaksanakan buka puasa bersama dengan menikmati takjil dan makanan yang telah disipakan, setelah itu dilanjutkan dengan melaksanakan sholat magrib berjamaah. “Momen ini mengingatkan saya bahwa pesan Ramadan banyak sekali, bulan berkah, dibuka pintu surga dibuka, bulan pahala, mari kita berlomba untuk meraih pahala,” kata Mayjen Agus di hadapan warga usai salat Magrib berjamaah.

Dalam kegiatan ini, Kodam Jaya/Jayakarta juga memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok kepada warga bantaran kali ciliwung yang ikut peduli terhadap kebersihan kali ciliwung dengan berpartisipasi dalam karya bhakti “minggu bersih” ciliwung bersih, indah dan sehat. pemberian bantuan ini bertujuan untuk meringankan kesulitan warga terutama menjelang peringatan hari raya idul fitri. Bantuan secara simbolis diberikan oleh Pangdam Jaya/Jayakarta dan jajaran kepada warga yang hadir.

Acara ini turut dihadiri oleh Kasdam Jaya/Jayakarta, Danrem, para asisten dan kabalak jajaran Kodam, para Dandim dan segenap prajurit Kodam Jaya/Jayakarta. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam Jaya Ringankan Beban Warga Bantaran Kali Ciliwung Berikan Bantuan Sembako