TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam V/Brawijaya Komitmen Laksanakan Aturan

By 15 Jul 2015 11:15Kodam V/Brawijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Surabaya. Saat ini Kodam V/Brawijaya tetap berkomitmen untuk menjaga, mengamankan dan menyelamatkan semua aset Negara yang dikuasakan kepada TNI AD Cq.Kodam V/Brawijaya. Hal ini tidak berlebihan karena semua dilaksanakan atas dasar tanggung jawab terhadap Negara.

Ada beberapa aturan yang dijadikan dasar dalam menjaga, mengamankan dan menyelamatkan aset milik TNI AD Cq. Kodam V/Brawijaya, yang terletak di jalan Gunungsari Surabaya, antara lain :

Pertama. Peraturan Pemerintah RI No 27 tahun 2014 tanggal 24 April 2014 tentang pengelolaan barang milik negara/daerah.
Kedua. Permenkeu RI No 33/PMK.06/2012 tanggal 24 Pebruari 2012 tentang tata cara pelaksanaan sewa barang milik Negara.
Ketiga. Permenkeu RI No 78/PMK.06/2014 tanggal 30 April 2014 tentang tata cara pelaksanaan pemanfaatan barang milik Negara.
Keempat. Kepmenkeu RI No 403/PMK.06/2013 tentang tindak lanjut hasil penertiban barang milik negara pada kementerian/lembaga.

Komitmen Kodam V/Brawijaya dalam menjaga, mengamankan dan menyelamatkan bukan tanpa alasan dan bukti-bukti kongkrit yang dimiliki Kodam V/Brawijaya tentang aset Jalan Gunungsari Surabaya :

Pertama. Aset tanah di Jalan Gunungsari Surabaya merupakan tanah IKN AD/BMN merupakan sebagian dari tanah Kesatrian Gunungsari Surabaya bekas Figendon Verpouding No. 9837 Aatas nama Gouterment Van Nederlanche Indie dengan Surat Ukur Nomor 214 tahun 1920.

Kedua. Surat Ukur No 31/1956/A.W Tanggal 19 Desember 1956 dengan Luas Tanah 1.060.860 M². atas nama Terr V Brawijaya (Kodam V/Brawijaya ) yang sudah tercatat sebagai aset inventaris kekayaan negara UKM /Barang Milik Negara (BMN) Nomor Reg 30832035 – 00006 (Untuk Bangunan) dan Nomor Reg 30832035 ( Untuk Tanah) An. TNI AD. Saat ini aset tersebut 25 telah bersertifikat dan 14 dalam proses sertifikat.

Ketiga. Buku Inventaris Barang Tidak Bergerak Tanah/Bangunan TNI AD di wilayah Kodam V/Brawijaya sesuai Skep Menkeu No. 225/MKN/4/1971 tanggal 13 April 1971.

Keempat. Surat Telegram Kasad Nomor ST/508/2005 tanggal 20 April 2006 tentang Optimalisasi penggunaan rumah dinas dan mengamankan aset IKN TNI AD khususnya rumah dinas TNI AD.

Pada awalnya tanah di Gunungsari Surabaya masih berupa lahan kosong dan sebagian digunakan untuk rumah dinas, TNI AD yang dikhususkan untuk Tamtama Angkatan 45 sejumlah 38 unit rumah dinas (38). Selanjutnya dengan inisiatif sendiri warga masyarakat tanpa seijin dan sepengetahuan TNI AD Cq. Kodam V/Brawijaya telah membangun tempat tinggal dan sebagian telah memperjual belikan bangunan tempat tinggal kepada pihak lain.

Sampai saat ini warga sejumlah 104 penghuni tanah dan bangunan telah dimanfaatkan untuk rumah tinggal dan sebagian untuk tempat usaha.

Didalam menjaga, mengamankan dan menyelamatkan aset TNI AD Cq. Kodam V/Brawijaya yang terletak di Jalan Gunungsari. Kodam V/Brawijaya telah melakukan langkah-langkah secara persuasif dan humanis dalam mensosialisasikan penertiban aset tersebut. Selain itu pihak Kodam V/Brawijaya juga telah berulangkali mengundang warga masyarakat yang menempati aset tanah Jalan Gunungsari untuk berdialog. Hal ini juga ditindak lanjuti oleh Kodam V/Brawijaya agar memberikan somasi sebanyak 3 (Tiga) kali kepada setiap warga penguhuni aset tersebut sampai pada tahap penertiban.

Dari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kodam V/Brawijaya sebagian besar warga penghuni Jalan Gunungsari Surabaya telah melakukan perjanjian menempati lahan dengan pihak Kodam V/Brawijaya, namun terdapat beberapa warga yang masih bersikukuh dengan berbagai alasan untuk tidak bersedia melakukan perjanjian, Kodam V/Brawijaya tetap berkomitmen untuk menegakkan aturan secara tegas dan professional dengan mengedepankan langkah persuasif dan humanis untuk mengamankan aset Negara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam V/Brawijaya Komitmen Laksanakan Aturan