TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Jombang Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Babinsa

By 09 Jul 2015 15:39Kodam V/Brawijaya
jombg

Jombang ( 09/07 ) Upaya mensukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional telah menjadi issue yang paling aktual, betapa tidak anggota TNI yang biasa memegang senjata siap berperang, kali ini semenjak diinstruksikan oleh Presiden Jokowi pada akhir Desember tahun 2014 lalu, melaksanakan tugas pendampingan kepada para petani dalam bantu wujudkan Swasembada Pangan Nasional pada tahun 2017 yang akan datang.

Pada Selasa dan Rabu tanggal 7 dan 8 Juli 2015, pukul 14.00 Wib , Kodim Jombang menggelar Latihan peningkatan kemampuan bagi para Babinsa jajaran Kodim Jombang dalam upayanya mensukseskan tugas pendampingan kepada para petani untuk program swasembada pangan di wilayah Kab. Jombang, yang diikuti oleh 310 orang Babinsa jajaran Kodim dalam kegiatan pelatihan dengan tema “ Melalui penyelenggaraan latihan peningkatan kemampuan Babinsa di bidang pertanian khususnya tanaman padi, jagung dan kedelai kita wujudkan ketahanan pangan nasional di wilayah Kab. Jombang “.

Dalam sambutan diawal acara, Dandim Letkol Arm Muhamad Haidir dengan adanya Mou dengan Menteri pertanian,tugas kita bertambah yaitu pendampingan kepada para petani untuk mewujudkan Swasembada Pangan di wilayah, “ namun demikian “ kata Dandim, masih banyak kekurangan atau kendala bagi Babinsa dalam melaksanakan pendampingan, untuk itu Kodim selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajuritnya khususnya para Babinsa, untuk mempertajam pengetahuan Babinsa agar dapat meningkatkan hasil panen, mulai dari perluasan lahan pertanian di masyarakat,memantau dan memperbaiki irigasi, menjadwal pemupukan di tiap lahan, memantau logistik pupuk agar tepat sasaran agar tidak diselewengkan, memantau hasil panen petani agar tahu peningkatan hasil panen.

Perencanaan waktu diluar kebiasaan, dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadhan, sehingga dijawalkan kegiatan ada waktu istirahat pada sore hari untuk melaksanakan buka puasa bersama. ( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Jombang Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Babinsa