TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kontingen Garuda Rayakan Idul Fitri Di Bumi Lebanon

By 23 Jul 2015 07:50Kostrad, Pasukan Garuda
leb

Kostrad(23/7). Gema takbir membahana di bumi Lebanon selatan sebagai tanda berakhirnya bulan suci Ramadhan menyambut fajar kemenangan dan kebahagiaan Hari Raya IdulFitri 1436 H sebaga iberkat limpahan Rahmat dan Maghfiroh Allah SWT.

Hal ini dirasakan pula oleh prajurit Kontingen Garuda yang sedang menjalankan tugas sebagai pasukan penjaga dan pemelihara perdamaian dunia di UNIFIL Lebanon. Meskipun jauh dari sanak keluarga di Tanah Air, mereka turut merayakan hari kemenangan ini dengan menggelar Sholat Idhul Fitri di 4 titik yaitu Kantor Kedutaan Besar Indonesia di Beirut, Masjid Sudirman Camp Naqoura , lapangan upacara Sector East Military Police Marjayoun dan Lapangan Hitam Soekarno Indobatt HQ UNP 7-1,Adchit al Qusayr, Jum’at 17 Juli 2015.

Sholat Ied dipusatkan di Markas Indobatt XXIII-I/Unifil yang dihadiri oleh Wakil Komandan Sektor Timur Kolonel Kav.Yotanabey A.M, dengan khatib Bapak Abdul Rachman staf KBRI Lebanon dan anggota Satgas yang berada di luar marka sseperti anggota Kompi Alfa (UNP 9-63dan UNP 9-15), Bravo (UNP 7-2) dan Charlie (UNP 9-2). Turut Hadir sebagai undangan padaacara tersebut, Komandan Sektor Timur Brigadir Jenderal Jose Conde de Arjona beserta Staf, para Komandan Satgas jajaran Sektor Timur diantaranya Dansatgas Spainbatt, Nepbatt dan Indbatt, masyarakat serta Komandan Satgas Indobatt XXIII-I Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P. S.I.P.

Meskipu dalam suasan penugasan dan berada jauh dari sanak keluarga tetapi pelaksanaan Sholat Ied yang dipimpin staf KBRI Bapak Haji Abdul Rachman tetap terasa khitmad, Dalam ceramahnya, Khatib berharap serta mengajak seluruh prajurit muslim untuk bersama-sama memikul tanggung jawab dan merealisasika pesan dan kesan Ramadhan yang mulia ini kedalam bingka ikehidupan nyata guna mengendalikan hawa nafsu kita sendiri, untuk tidak terpancing melakukan hal-hal terlarang dan merugikan orang lain, menjalin hubungan silaturrahim serta kerjasama tanpa membeda-bedakan status sosial, serta membangun sebuah sistemsosial yang bermartabat, berkeadilan dan sejahtera. Meskipun sebagian prajurit dapat menghadirinya karena mereka tidak dapat meninggalkan tugas operasional untuk tetap mengamankan daerah tangung jawabnya.

Usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri, seluruhp rajurit Garuda, Komandan Sektor Timur Brigadir Jenderal Jose Conde de Arjona beserta Staf di damping oleh Komandan Satgas Indobatt XXIII-I Letkol Inf Andreas NanangDwi P. S.I.P, para Komandan Satgas dan masyarakat melaksanakan Halal Bilhalal saling maafmemaafkan, dilanjutkan dengan ramahtamah sambil menikmati tabuhan Marawis yang dipersembahkan oleh tim marawis Indobatt.

Seusai melaksanakan halal bihalal Komandan Sektor Timur Brigadir Jenderal Jose Conde de Arjona, Wakil Komandan Sektor Timur Kolonel Kav. Yotanabey A.M. beserta Staf di damping oleh Komandan SatgasIndobatt XXIII-I/Unifil Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P, S.I.P dan para Komandan Satgas mengadakan silaturahmi memberikan bingkisan lebaran kepada prajurit yang sedang bertugas di perbatasan di beberapa pos perbatasan, check point AOR Indobatt(Panorama, Flag Point dan TP 37) sebagai wujud perhatian untuk memelihara semangat dan moril bagi prajurit yang tidak dapat merayakan Idul Fitri bersama rekan-rekannya karena harus tetap menjalankan tugas pengamanan sector operasi yang dipertanggungjawabkan.

Hal menarik dari merayakan Idul Fitri kali ini adalah para prajurit Kontingen Garuda dapat merasakan masakan khas lebaran seperti ketupat ,sambalgoreng, oporayam, rending sehingga rasa rindu terhadap kampong halaman dapat terobati . “Indahnya perayaan lebaran pada tahun ini memang tidakla hlengkap dirasakan tanpa keluarga tercinta di tanah air. Namun suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah terjalin selama penugasan mampu menggantikan suasana lebaran seperti di tanah air bersama keluarga di waktu-waktu sebelumnya”

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kontingen Garuda Rayakan Idul Fitri Di Bumi Lebanon