TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 1709-04/Yapbar Bersama Masyarakat Meramaikan Budaya Tikam Telinga Masyarakat Moiwani

By 20 Jul 2015 15:12Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-07-20_07-42-26

Jayapura, (20/7/15). Tradisi tikam telinga oleh masyarakat pegunungan Papua merupakan sebuah pranata sosial yang senantiasa dijaga kelestariannya, khususnya di kampung Moiwani Distrik Poom Kabupaten Yapen. Tradisi tusuk telinga yang dinamakan Septum dilakukan bukan tanpa alasan, sebab tusuk telinga telah menandai kedewasaan bagi para gadis di masyarakat ini.

Acara tusuk atau melubangi telinga ini terbilang tak biasa, karena bukan dengan jarum atau lain hal, tetapi dengan katu yang berdiameter 1-2 cm yang telah diruncingkan. ini agar mendapatkan ukuran yang besar di lubang tersebut. Pelaku yang telah d lubangi , tidak boleh makan ketimun, labu, umbi-umbian atau yang berbentuk bulat selama dalam proses penyembuhan.

Tradisi ini sunguh unik di mata masyarakat kota, sebab tidak lazim karena di kalangan masyarakat kota melobangi telinga dengan memakai alat modern. Oleh TNI AD yakni Danramil 1709-04/Yapbar Letnan Satu Inf Marselus Worabai yang mewakili Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Tamimi Hendra Kesuma, SH menghadiri acara Festival Budaya dan Tindik Telinga di Kampung Moiwani Distrik Poom Kab. Kep. Yapen menyampaikan bahwa TNI sebagai ibu kandung rakyat harus menghargai suatu tradisi yang dijalankan oleh setiap masyarakat khususnya senantiasa menjaga dan melestarikan tradisi tusuk telinga agar tidak punah. Hal yang paling penting adalah jika selama tradisi itu tidak melanggar norma-norma yang berlaku, maka TNI AD akan senantiasa berada di belakang untuk mendukungnya. Dalam acara tersebut selain dihadiri oleh Danramil juga dihadiri Wakil Bupati Kep. Yapen, Sekda Kab. Kep. Yapen, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pariwisata dan masyarakat 150 orang. Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Kep. Yapen memberikan bantuan 1 unit rumah singgah Ploru Stand dan 1 buah motor laut kepada masyarakat Kampung Moiwani Distrik Poom Kab. Kep. Yapen.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 1709-04/Yapbar Bersama Masyarakat Meramaikan Budaya Tikam Telinga Masyarakat Moiwani