TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panen Semangka & Penyuluhan Pupuk Organik Pos Kriko Satgas Pamtas Ri-Png Bersama Masyarakat

By 01 Jul 2015 11:53Kostrad
323 penyuluhan pupuk dan panen semangka 1-7-15

Kostrad(1/7). Program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam mengatasi kesulitan pangan merupakan program yang positif dan layak mendapatkan dukungan dari semua pihak. Dalam hal ini, program ketahanan pangan dilaksanakan oleh Pos Kriko Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 323/Raider bekerjasama dengan masyarakat Kampung Ptewi/Yetti Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom yang mempunyai potensi lahan maupun kultur budaya masyarakat dalam usaha ketahanan pangan atau pertanian.

Kegiatan pertanian tidak lepas dari keahlian dalam mengolah tanah, menanam, merawat dan memupuk termasuk memanen. Hal ini perlu ditingkatkan kegiatan penyuluhan pertanian oleh pemerintah maupun dinas terkait termasuk keterlibatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 323/ Raider. Pos Kriko Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 323/Raider telah bekerjasama dengan masyarakat Kp. Ptewi dalam menanan tanaman meliputi, Semangka, jagung, kacang tanah, Cabe, Terong, dan Tomat di lahan mayarakat Kp. Ptewi Seluas 1 hektar.

Pada hari sabtu tanggal 27 juni 2015, Pos Kriko Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 323/Raider bekerjasama dengan masyarakat Kampung Pitewi/Yetti Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom melaksanakan Panen Semangka dilahan masyarakat a.n Bapak Waryadi yang dihadiri oleh Kepala Distrik Arso Timur Bapak Herman, S.Ip. buah semangka yang dihasilkan dari panen mencapai 2 ton.
Kemudian selesai acara panen semangka dilanjutkan dengan acara penyuluhan pembuatan pupuk organik oleh Bapak Waryadi kepada masyarakat Kp. Ptewi di Pos KrikoSatgas Pamtas RI-PNG Yonif 323/Raider dihadiri oleh Kepala Distrik Arso Timur. Acara penyuluhan pupuk organik sangatlah tepat melihat potensi bahan-bahan pupuk yang mudah didapat di Kp. Ptewi, diantaranya daun-daun dan ranting kering di hutan, kotoran sapi, kotoran kambing, bekas serbuk gergaji kayu, air bekas cucian beras. Dimana pembuatan pupuk organik itu sendiri yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan pupuk yang ada dengan dicampurkan larutan EM 4 sebagai pengurai sesuai dengan takaran, kemudian diaduk rata lalu ditutup rapat selama satu minggu. Dan pupuk organik siap digunakan untuk memupuk tanaman.

Harapan dari kegiatan ini dapat membuka peluang bagi masyarakat Kp. Ptewi/Yetti untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan cara bertani yang baik. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kemampuan wirausaha, pengembangan usaha pertanian, meningkatkan produktivitas hasil panen, Menciptakan dan mengembangkan pola pertanian modern dalam menciptakan ketahanan pangan. Dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Kampung Pitewi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panen Semangka & Penyuluhan Pupuk Organik Pos Kriko Satgas Pamtas Ri-Png Bersama Masyarakat