TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Serahkan Bantuan Presiden RI Ke Tolikora

By 24 Jul 2015 09:23Kodam XVII/Cenderawasih
BANTUAN

Jayapura (24/7/2015) Panglima Daerah Militer XVII/Cendrawasih Mayor Jenderal Fransen G. Siahaan, S.E menuju Tolikara hari ini untuk menyerahkan bantuan Presiden Indonesia Joko Widodo berupa dana sebesar Rp 1 miliar untuk pemulihan Tolikara pasca insiden beberapa waktu lalu. Pangdam mengaku, sesuai dengan pertemuan dengan Bupati Tolikara, pembangunan 60 Rumah Kios (Ruki) akan dibangun oleh TNI dan dibantu oleh masyarakat. Namun, sesuai dengan intruksi dari Presiden Jokowi, pembangunan ruki ditambah menjadi 15 sehingga jumlahnya 75 ruki. 60 ruki untuk masyarakat yang mengalami kebakaran, sementara 15 untuk masyarakat asli setempat, itu sesuai dengan permintaan presiden,’’ kata Pangdam.

Dikatakan, sampai saat ini, kurang lebih 100 anggota TNI sudah berada di Tolikara. Mereka akan membantu pemerintah untuk membangun rumah kios di halaman kantor bupati setempat. Untuk pembangunan mushola sendiri, lanjut Pangdam, akan dibangun sementara di halaman Koramil Tolikara, sampai menunggu kejalasan status tanah, apakah milik pemerintah atau masyarakat adat, barulah bisa dibangun mushola yang baru.

Hari ini Pangdam yang didampingi Asintel dan Aster Kasdam XVII/Cend bertolak ke Wamena untuk mengirim bahan bantuan berupa sembako sebanyak 15 ton. Masing-masing di kirim ke Tiom kab lani jaya lewat Jalan darat sebanyak 10 ton dan lewat udara dengan heli sebanyak 5 ton. Hal ini dilakukan untuk mengurai berbagai kendala bantuan dari Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifa Indar Parawansa beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Kab. Mimika, Distrik Agandugume Kab. Puncak dan Distrik Karubaga Kab. Tolikara tanggal 21 s.d 22 Juli 2015 yang lalu karena terkendala cuaca yang tidak menentu. Setibanya di Tiom kab lani Jaya di posko penanggulangan bencana di Tiom pd 23 juli 2015 16.00 WIT dengan menggunakan Heli MI 17 dan Pangdam langsung menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para kepala distrik yang di hadiri oleh sekda mewakili pemda, kapolres, asisten satu dua dan tiga dan selanjutnya Pangdam menuju ke Wamena dan langsung di damping oleh Danyonif.

Bantuan logistik kepada masyarakat bencana alam di Kab. Lani Jaya, Kab. Puncak & Kab. Nduga dari Menteri Sosial RI, yang terahan di Wamena karena faktor cuaca hari ini dapat dikrimkan kembali. Dilaporkan tentang bantuan telah dilaksanakan pengangkutan bantuan logistik untuk masyarakat Distrik Kwiyawagi Kab. Lani Jaya dengan menggunakan 2 Pesawat Komersial dari Jhonlin Karava dengan pesawat pertama Jhonlin Karava. PK- JBC dengan Pilot Kapten Timoti Smit berupa beras 15 karung @ 25 kg, Supermie 50 karton, Biskuit Khong Guan 29 karton, Air mineral Aqua 20 karton.

Pesawat kedua dengan PK-JBS Pilot Kpt Merkerius Ukung dengan kapasitas 1 ton berupa : Beras 15 karung @ 25 kg, Supermie 50 karton, Biskuit Khong Guan 29 karton, Air mineral Aqua 20 karton. Pada pukul 09.43 WIT Pesawat Jhonlin Karava PK- JBC telah take off menuju Distrik Kwiyawagi Kab.Lani Jaya;dan pukul 09.52 WIT Pesawat Jhonlin Karava PK-JBS telah take off menuju Kwiyawagi Kab. Lani Jaya. Sisa Logistik yang tidak diangkut adalah berupa air mineral aqua sebanyak 50 karton.(Pendam17Cenderawasih)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Serahkan Bantuan Presiden RI Ke Tolikora