TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam XII/Tpr : “Tingkatkan Kualitas Ibadah, Baca Al Qur’an, Pahami Dan Amalkan”

By 06 Jul 2015 08:38Kodam XII/Tanjungpura
Nuzulul Quran 3

Kubu Raya, Peringatan Nuzulul Quran yang jatuh pada tanggal 17 Ramadhan 1436 H,  di Masjid Nurul Ikhlas Kodam XII/Tpr, Jumat (03/07). Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Kopral Tarmiji dari Koramil Sedau Kodim 1202 Singkawang yang merupakan juara 1 tilawatil Qur’an tingkat Mabes AD Tahun 2015.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto R. Soedjiman dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan Nuzulul Qur’an ini merupakan wujud mensyukuri kebesaran Allah Subhanahu Wata’ala yang telah menurunkan kitab suci Al Qur’an kepada hambanya untuk dijadikan sebagai petunjuk bagiumat islam. Sebagaimana dalam Alqur’an Surat Al Baqarah Ayat : 185, Yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

“Terkait dengan itu, kita sebagai umat Islam harus senantiasa menggali hikmah yang terkandung didalamnya sehingga dapat memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala dalam menghadapi segala situasi yang terjadi di dunia ini, termasuk  bagi prajurit Kodam XII/Tpr yang sedang mengemban tugas”, ungkap Pangdam.

Mayjen TNI Toto R. Soedjiman menekankan kepada seluruh prajuritnya dan keluarga besar Persit Kodam XII/Tpr agar pada bulan suci Ramadhan ini harus meningkatkan kualitas dimensi keagamaanya itu dimensi spiritualitas yang tercermin dalam komunikasi antara manusia dan Tuhannya, sehingga diharapkan dalam diri kita akan semakin berkembang sifat-sifat Ketuhanan yang sebenarnya sudah dimiliki, yakni sifat-sifat positif untuk berbuat kebajikan dan tertanam kepekaan hati nurani dalam bertingkah laku yang baik.

Selanjutnya manfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan semangat membaca Al-Qur’an maupun ibadah-ibadah lainnya serta Yakinilah bahwa dengan seringnya membaca, memahami dan mengamalkan kitab suci Al-Qur’an, maka kita akan dekat dengan Allah SWT, sehingga semua perilaku kita senantiasa memberikan manfaat buat diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

Drs. H. Hamdani Sulma. M.Ag, selaku penceramah dalam acara tersebut mengupas tentang pentingnya membaca, memahami dan mengamalkan Alqu’an yang diwahyukan kepada Nabi Muhamad SAW selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari dalam masa Dawahnya di Kota Mekah dan Madinah. Hamdani merasa sangat prihatin terhadap kondisi para remaja saat ini dimana dari data survey lebih dari 65 persen para remaja Indonesia yang beragama Islam tidakdapatmembacaAlqu’an.

Untuk itu Hamdani memberikan penekanan pentingnya pendidikan Agama Islam bagi para putra-putri Prajurit  Kodam XII/Tpr agar mereka bisa membaca, memahami dan mengamalkan dari kandungan Al qur’an dalam kehidupan sehari-hari. “Bapak Ibusekalian jangan sayang-sayang untuk mengeluarkan uang bagi kepentingan pendidikan, sekolahkan yang tinggi putra-putrinya terutama pendidikan Agama Islam, jangan maunya kalau pendidikan untuk agama murah dan gratis, tapi untuk bayar kursus Bahasa Inggris, Jerman, Komputer dan lain-lain berani untuk bayar  mahal”,ungkap Hamdani.

Hadir dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an tersebut Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono, Irdam XII/Tpr, para Asisten Kasdam, para Kabalak, LO AU, LO AL, IbuKetuaPersit KC PD XII, seluruh prajurit se – Garnizun Pontianak dan masyarakat sekitar Kodam XII/Tpr.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam XII/Tpr : “Tingkatkan Kualitas Ibadah, Baca Al Qur’an, Pahami Dan Amalkan”