TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam XVI/PTM Dampingi Gubernur Tinjau Pembangunan Terpadu Perbatasan Saumlaki

By 26 Jul 2015 18:51Kodam XVI/Patimura
16d

Saumlaki, (25/07). Pangdam XVI/Pattimuara Mayor Jenderal TNI Wiyarto, S.Sos bersama Kapolda Maluku, Brigjen Pol.Murad Ismael, dampingi Gubernur Maluku Said Assagaff tinjau kesiapan peresmian sejumlah program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yang akan dilaksanakan pada pekan kedua Agustus 2015.

Peresmian dijadwalkan dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukkam), Tedjo Edy Purdjiatno dan Menteri Dalam Negeri(Mendagri), Tjahjo Kumolo. Kehadiran dua menteri di Saumlaki dijadwalkan akan meresmikan patung Presiden, Soekarno, patung pahlawan nasional maupun Daerah. Program Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) itu juga dimanfaatkan untuk mematangkan pembukaan jalur melibatkan tiga Kabupaten perbatasan di Maluku itu yakni dari Papua – Dobo, Kepulauan Aru) – Saumlaki(MTB) – Tiakur(MBD) -Kupang(NTT) dan Surabaya Jatim).

Saumlaki dipilih sebagai lokasi pemusatan peresmian sejumlah program Gerbangdatus karena letaknya strategis bila dihubungi Kabupaten perbatasan lainnya yakni Kepulauan Aru dan MBD. Wilayah perbatasan Maluku yakni Kabupaten Kepulauan Aru yang secara geografis dekat dengan Australia, sedangkan MTB dan Maluku Barat Daya (MBD) merupakan tetangga Timor Leste.

Sebelumnya, Gubernur mengatakan, Gerbangdutas merupakan bentuk keseriusan dan komitmen Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan Nawa Cita, yang salah satunya adalah membangun Indonesia dari pinggiran, Gerbangdutas diharapkan mendorong adanya percepatan pembangunan di wilayah perbatasan agar dapat segera menjadikan wilayah perbatasan sebagai beranda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), “Wilayah perbatasan merupakan kawasan strategis karena terkait dengan integritas dan kedaulatan wilayah negara, maka pemerintah dalam melaksanakan pengelolaan wilayah perbatasan dilakukan dengan pendekatan kesejahteraan, keamanan dan kelestarian lingkungan secara bersama-sama,” ungkap Asagaff . (Pendam XVI/Pattimura)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kostrad Dinas Penerangan Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam XVI/PTM Dampingi Gubernur Tinjau Pembangunan Terpadu Perbatasan Saumlaki