TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penanaman Jajar Legowo Koramil 24/Magelang

By 15 Jul 2015 11:03Kodam IV/Diponegoro
1507201503
Pos Koramil 24/Magelang Selatan dalam rangka mendukung program swasembada pangan selalu aktif dalam melaksanakan pendampingan terhadap para petani di wilayah binaannya.

Dimulai dari memberikan sosialisasi, pengolahan lahan, proses penanaman sampai dengan evaluasi pasca panen Babinsa selalu memantau setiap perkembangan. Dalam musim tanam tahun ini Babinsa yang sebelumnya giat menghimbau kepada para petani untuk menerapkan system tanam jajar legowo atau yang sering disebut “JARWO” terbukti dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi padi. Hal ini bias dilihat dari kesuburan tanaman padi yang sudah mulai produksi dan sudah dirasakan kemudahan oleh petani dalam perawatan. Karena dengan system ini tanaman padi bias mendapatkan sinar matahari dengan merata sehingga pertumbuhan rumpun padi lebih maksimal yang secara otomatis produksi padi dalam setiap rumpunnya pun meningkat.
Selain itu para petani bias lebih menghemat pupuk dengan menempatkan pupuk langsung disekitar tanaman tanpa harus menyebar secara acak sehingga kebutuhan pupuk bias tercukupi secara efisien. Bapak Kasmo salah satu anggota kelompok tani Manunggal Karso di kampong Kiringan Kelurahan Tidar Utara mengungkapkan bahwa dengan sistem tanam Jarwo perawatan serta pengendalian hama tanaman padi jadi lebih mudah dan butir padi yang dihasilkan dari tiap rumpunnya pun semakin banyak.
“Kedepan saya akan selalu menggunakan sistem tanam seperti ini” ujarnya disela-sela kegiatannya memeriksa tanaman padi.
Serda Bambang Setijawan selaku Babinsa Kelurahan Tidar Utara selalu giat dalam mendampingi para petani yang berada di wilayah binaannya. Tak jarang setelah usai menjalankan tugas dari komandannya dilangsung menuju area persawahan di desa binaannya untuk sekedar membantu kegiatan petani sambil sesekali berdiskusi.
“Untuk saat sekarang ini sawah sudah seperti tempat kerja utama sekaligus tempat refresing buat saya” kata dia.
Ini menunjukkan bahwa Babinsa sangat serius dalam mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang pertanian sesuai MOU yang telah disepakati oleh menteri Pertanian RI dengan TNI AD. Dengan harapan untuk masa yang akan datang Indonesia dapat mencapai swasembada pangan.
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penanaman Jajar Legowo Koramil 24/Magelang